Tips Awet Muda dan Menjaga Kecantikan Menurut Islam, Mulai dari Kebiasan Ini

| 28 Jun 2024 13:05
Tips Awet Muda dan Menjaga Kecantikan Menurut Islam, Mulai dari Kebiasan Ini
Tips awet muda dan menjaga kecantikan menurut islam (freepik)

ERA.id - Kecantikan merupakan dambaan setiap manusia terutama dalam Islam. Lantas apakah ada tips awet muda dan menjaga kecantikan menurut Islam?

Menjaga penampilan merupakan bagian dari rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia yang diberikan. Maka dari itu, Islam tidak hanya mengatur tentang ibadah, tetapi juga memberikan panduan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tips Awet Muda dan Menjaga Kecantikan Menurut Islam

Menjaga penampilan awet muda dan memancarkan kecantikan alami merupakan dambaan banyak orang. Dilansir dari NU Online, berikut ini beberapa hal yang dapat membuat Anda awet muda  dan tetap cantik:

  1. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Tubuh

Islam menawarkan panduan untuk mewujudkannya, tak hanya dari sisi fisik, tetapi juga spiritual. Berikut ini kebiasaan yang dapat Anda lakukan:

  • Mandi Air Dingin

Mandi air dingin secara rutin dapat membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan produksi kolagen, dan mengecilkan pori-pori, sehingga kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

  • Menjaga Pola Makan Sehat

Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, kaya akan sayur, buah, dan protein, serta minum air putih yang cukup, sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk itu, hindari makanan olahan, gorengan, dan minuman manis berlebihan.

  • Tidur Cukup dan Berkualitas

Istirahat yang cukup membantu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk sel-sel kulit. Orang dewasa dianjurkan tidur 7-8 jam per malam.

  • Olahraga Teratur

Aktivitas fisik dapat membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan produksi endorfin (hormon bahagia), dan mengurangi stres, yang berdampak positif pada kesehatan dan kecantikan kulit.

  1. Menjaga Kesehatan Mental dan Spiritual

Selain menjaga kesehatan fisik, Islam menganjurkan Anda untuk melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan mental Anda sebagai berikut:

  • Menjaga Pikiran Positif

Berpikir positif dan optimis membantu mengurangi stres, yang merupakan salah satu faktor penuaan dini.

  • Menjalani Pola Hidup Islami

Melaksanakan ibadah shalat, berpuasa, zakat, dan sedekah, serta membaca Alquran dan berzikir, dapat memberikan ketenangan jiwa dan meningkatkan rasa syukur, yang berkontribusi pada kecantikan lahir dan batin.

  • Menjaga Silaturahmi dan Berbuat Baik

Membangun hubungan baik dengan orang lain dan membantu sesama dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres, yang berdampak positif pada kesehatan mental dan fisik.

  1. Memperhatikan Perawatan Diri

Selain menjaga kesehatan fisik dan mental, Islam ternyata juga memperbolehkan melakukan perawatan di antaranya:

  • Merawat Kulit Wajah

Gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lakukan pembersihan wajah secara rutin, gunakan pelembab dan tabir surya, serta lakukan perawatan khusus untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

  • Merawat Rambut

Pakai sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Lakukan perawatan rambut secara rutin, seperti creambath atau masker rambut.

  • Merawat Tubuh

Gunakan sabun mandi dan lulur yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lakukan eksfoliasi secara rutin untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

      4. Memakai Skincare yang Tepat

Penggunaan skincare dalam Islam diperbolehkan selama bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Syaratnya selama tidak mengubah ciptaan Allah secara permanen dan tidak bertujuan untuk merendahkan orang lain.

Skincare diperbolehkan Islam (freepik)

Untuk itu, pilihlah skincare yang aman, halal, dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Penting juga untuk diingat bahwa kecantikan sejati berasal dari dalam diri. Dengan menjaga kesehatan fisik, mental, dan spiritual, serta memancarkan aura positif, Anda akan memancarkan kecantikan alami yang awet muda.

Selain tips awet muda dan menjaga kecantikan menurut islam, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi