Pentingnya Dashcam di Mobil, Bisa Merusak kalau Dipasang Asal-asalan

| 22 Jul 2024 09:00
Pentingnya Dashcam di Mobil, Bisa Merusak kalau Dipasang Asal-asalan
Ilustrasi mobil. (Pixabay)

ERA.id - Penting menggunakan perangkat dashboard camera (dashcam) pada sebuah kendaraan saat ini sebab banyaknya kejahatan dan kejadian yang tak bisa diperkirakan di jalan.

Meski begitu, pemasangannya tak bisa dilakukan sembarang orang. Jika pemasangan unit tersebut tidak benar, maka banyak komponen yang akan dikorbankan atau bahkan rusak.

“Kalau pemilik perangkat Dashcam tidak memiliki kepercayaan diri atau keterampilan dalam memasang perangkat tersebut, lebih baik diserahkan ke ahlinya. Karena akan memiliki risiko pada komponen baterai kendaraan itu sendiri,” kata CEO 70mai Indonesia, Winsen di arena GIIAS 2024, BSD, Tangerang beberapa waktu yang lalu.

Kondisi ini akan mengancam pengguna dashcam yang menggunakan teknologi hard wire kit. Sebuah komponen yang dapat terus mengaktifkan dashcam meski mobil dalam keadaan tidak menyala.

Komponen ini akan langsung bersentuhan dengan aki mobil, oleh karena itu, jika pemasangan tidak benar dan tepat, akan mengganggu kesehatan dari aki tersebut.

“Sebenarnya ini lebih ke yang menggunakan part hard wire kit, sebuah part yang memungkinkan produk tersebut tetap aktif meski mobil dalam kondisi mati, untuk mengawasi lingkungan sekitar terlebih jika adanya guncangan. Pengaplikasiannya melalui sistem parking mode,” jelas dia.

Selanjutnya, jika pemilik dashcam tidak memiliki keterampilan dalam mengaplikasikan dashcam di kendaraanya, tata letak dari dashcam akan memperburuk tampilan dari ruang dalam kendaraan.

"Kedua, sebenarnya secara estetika aja ya. Kalau masangnya tidak benar, kabel-kabel yang harusnya masuk ke dalam instalasi yang ada di kendaraan itu, akan terpampang jelas,” tutur dia.

Rekomendasi