Tips Menyimpan Perhiasan Emas yang Aman dan Disarankan

| 17 Aug 2024 20:04
Tips Menyimpan Perhiasan Emas yang Aman dan Disarankan
Tips menyimpan perhiasan emas. (Foto: Pixabay/veerchudasama007)

ERA.id - Jika Anda mempunyai banyak koleksi perhiasan emas, atau mulai suka dengan perhiasan emas, kemungkinan besar penasaran dengan cara atau tips menyimpan perhiasan emas agar awet. Seperti halnya barang-barang yang lain, perhiasan emas harus rajin dibersihkan, dirawat dan disimpan dengan benar agar keindahannya tetap awet.

Tips Menyimpan Perhiasan Emas

Perhiasan Anda harus disimpan dengan benar agar tidak tergores atau terkena noda. Emas memang tergolong logam mulia yang tidak akan berkarat, tetapi bukan berarti jenis logam ini tidak akan rusak jika tidak Anda rawat dengan baik.

Oleh karena itulah Anda harus mengetahui cara menyimpan perhiasan emas dengan benar. Dilansir dari ERA, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Bersihkan Perhiasan Sebelum Disimpan

Sebelum perhiasan Anda disimpan di tempat khusus, sebaiknya pastikan perhiasan emas Anda bersih dan kering. Kelembapan dalam bentuk apa pun dapat mengakibatkan logam mudah rusak. Selain itu, jika perhiasan langsung Anda masukkan dalam kotak penyimpanan emas dalam keadaan basah, maka tingkat kelembapan perhiasan Anda akan tinggi. Hal ini juga akan merusak kotak penyimpanan perhiasan, terlebih jika kotak tersebut berbahan kayu atau pun kotak yang dilengkapi dengan kain.

Selain itu, membersihkan perhiasan menjadi salah satu hal yang harus dilakukan untuk mempertahankan kilaunya. Sebab ketika Anda menggunakan perhiasan, sudah bisa dipastikan aksesoris tersebut akan terpapar dengan debu, keringat maupun lotion.

Hal-hal tersebut berisiko menutupi kilau perhiasan. Sehingga jika tidak Anda bersihkan dengan teratur, maka kotoran tersebut akan semakin tertumpuk dan perhiasan tidak lagi indah berkilau.

Siapkan Tempat Khusus di Nakas

Tentunya tidak semua perhiasan harus Anda simpan di brankas. Khususnya jika perhiasan tersebut digunakan sehari-hari seperti cincin kawin atau pun cincin tunangan.

Namun, bukan berarti Anda bisa menyimpan perhiasan tersebut di sembarang tempat. Agar lebih aman dan lebih mudah Anda diingat, akan lebih baik jika Anda menyiapkan tempat khusus di nakas. Sehingga dapat dijangkau dengan mudah. Anda juga harus membiasakan untuk selalu menyimpan perhiasan di tempat yang sama, sehingga kecil kemungkinannya untuk hilang.

Simpan di Tempat Aman

Perhiasan emas harus disimpan di tempat yang aman. Pertimbangkan untuk menyimpannya di dalam brankas atau tempat tersembunyi lainnya. Sebab, bukan rahasia lagi jika perhiasan emas merupakan salah satu barang berharga yang mempunyai nilai tinggi. Terlebih jika perhiasan emas tersebut dihiasi dengan batu mulia seperti berlian contohnya.

Penting juga bagi Anda untuk menyimpan perhiasan dari sinar matahari langsung sebab beberapa batu mulia berpotensi rusak karena terpapar sinar UV yang terlalu lama. Selain itu, kotak perhiasan berkualitas tinggi sangat cocok untuk menyimpan perhiasan yang tidak digunakan setiap hari.

Ilustrasi (Pixabay/Pexels)

Cara Menyimpan Perhiasan Emas Berlian

Emas dan berlian seringkali dipilih sebagai ‘pasangan’ favorit di industri perhiasan. Namun, akan lebih baik jika Anda menyimpan perhiasan emas berlian dengan khusus sehingga tidak saling bersentuhan dengan perhiasan yang lain. Usahakan jangan sampai batu atau bagian-bagian perhiasan menggores perhiasan lainnya.

Cara Menyimpan Perhiasan Kalung Emas

Anda bisa simpan kalung di tempat terpisah agar tidak tersangkut satu sama lain. Anda juga bisa menyimpan kalung dengan cara digantung, jika memang kalung tersebut digunakan sehari-hari.

Namun, agar lebih aman, Anda bisa menyimpannya di dalam kotak terpisah yang sudah dilengkapi dengan bantalan. Jika kalung tersebut penuh dengan berlian, maka cara menyimpan ini menjadi pilihan yang tepat.

Cara menyimpan gelang emas juga tidak berbeda dengan cara menyimpan kalung. Terlebih jika gelang tersebut berbentuk rantai. Upayakan untuk tidak menyimpannya bersamaan dengan perhiasan lain atau pun gelang bermodel sama, sebab dikhawatirkan akan tersangkut dan rusak.

Oleh karena itulah lebih baik siapkan kotak penyimpanan perhiasan emas dengan pemisah antara satu model perhiasan dengan lainnya. Hal ini akan mempermudah Anda untuk menyimpan dan menemukan perhiasan yang diinginkan.

Itulah tips menyimpan perhiasan emas yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi