Jadi Content Creator Cerdas, Tips Membuat Konten Keren di TikTok

Tim Editor

TikTok (Foto: Unsplash/Kon Karampelas)

ERA.id - Media sosial memang jadi dijadikan ladang uang bagi anak muda. Salah satu media sosial yang paling banyak diminati saat ini adalah TikTok. Tak hanya digunakan sebagai hiburan, rupanya pengguna TikTok juga bisa memperoleh uang dari aplikasi tersebut.

Menghasilkan uang di TikTok tidak berbeda dengan menghasilkan uang di Instagram maupun YouTube. Belum lagi, pengguna TikTok yang jadi viral dan paling banyak dicari, biasanya berpengaruh terhadap media sosial lainnya yang dimiliki.

Tak heran, banyak pengguna TikTok berlomba-lomba membuat konten menarik supaya jadi viral. Beragam konten ditampilkan di TikTok menjadi video singkat yang memberikan hiburan untuk publik. 

Dalam acara Media Briefing Virtual bersama TikTok pada Rabu (29/7/2020), Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia dan Indra Aziz, Vocal Coach dan Jasson Iskandar, Movie Director memberikan tips  membuat konten keren di TikTok, berikut penjelasannya.

1. Video detik di awal

Angga mengatakan jika video berdurasi singkat paling banyak disukai publik saat ini. Selain itu, video di awal sangat penting dan sebagai pemancing supaya publik melihat video tersebut.

"Detik paling awal memang sangat berpengaruh. Video paling depan awalnya membuat orang-orang penasaran," kata Indra Aziz, pelatih vokal profesional.

2. Konsisten

Jika ingin menjadi content creator ternama, maka kamu harus konsistensi dalam membuat konten. Bukan soal konsistensi dalam waktu tayang, tetapi, bagaimana membuat konten yang ditampilkan di TikTok bisa dengan mudah di ingat oleh para publik.

3. Pilih backsound viral

Biasanya konten-konten akan diiringi backsound dari lagu-lagu yang akhirnya populer gara-gara TikTok. Ada pun lagu-lagu yang merupakan hasil remix atau potongan dari musisi terkenal. Lagu-lagu viral ini nantinya untuk mengiringi pengguna dalam bentuk lipsync, joget, maupun berbagai challenge

"Bikin informasi padat dalam satu menit. Jangan lupa cari tahu backsound lagi populer di TikTok. Ada kemungkinan dua yang disukai orang, pertama memang musiknya dan kedua adalah orangnya," ungkap Angga, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia.

4. Hastag

Jangan lupa untuk selalu gunakan hastag dan sesuaikan sesuai dengan trending. Pengguna tagar yang sedang tren harus tetap relevan dengan unggahanmu. Usahakan juga caption yang dibuat pendek dan kolaborasi dengan tagar yang relevan.

"Hastag itu akan muncul di rekomendasi beranda TikTok dan berpengaruh dengan followers. Hastag punya peran benar-benar kuat untuk meningkatkan interaksi dan pencarian akun pengguna," ujar Angga.

5. Bikin konten edukasi

Selama pandemi COVID-19, TikTok jadi platform yang bisa mengusir rasa jenuh dan bosan saat berada di rumah. Konten hiburan dan komedi serta pendidikan menjadi konten populer di TikTok. Konten-konten edukasi tersebut beragam mulai dari tips do-it-yourself (DIY), memasak, belajar bahasa, hingga life hack. 

"TikTok itu enggak ribet. Dengan video durasi singkat enak buat pengguna belajar. Banyak sekali konsep-konsep menarik yang menghadirkan fitur-fitur keren. Kita bisa belajar segala hal di TikTok dan durasi pendek 1 menit bisa langsung tahu apa yang terjadi." jelas Jasson Iskandar, Movie Director

Tag: viral tiktok selebgram

Bagikan :