Tak Mau Jadi Korban Pelecehan Seksual Seperti Dilakukan Turah? Lakukan Hal Ini

Tim Editor

Turah Parthayana (Foto: Instagram/@turahparthayana)

ERA.id - Vlogger sekaligus YouTuber asal Bali, Turah Parthayana jadi trending topik Twitter. Turah adalah mahasiswa asal Indonesia yang saat ini menempuh pendidikan di Rusia.

Akun Twitter @sandi_sa1119 mengatakan jika Turah telah melakukan pelecehan seksual terhadap teman wanitanya. Ia juga telah membeberkan bukti-bukti berupa rekaman dan pesan dari korban jika Turah melakukan pelecehan seksual. 

Unggahan itu menjadi viral. Tentu sebagai wanita yang menjadi korban pelecehan seksual akan merasa pilu membekas sangat mendalam. Siapa pun bisa saja mengalami pelecehan atau kekerasan seksual. 

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk tetap waspada, supaya tidak menjadi korban pelecehan seksual. Dilansir dari Bustle pada Kamis (6/8), berikut cara yang bisa kamu lakukan supaya terhindar dari pelecehan seksual.

1. Percaya dengan instingmu

Woman CryingIlustrasi wanita (Foto: Pexels/Kat Jayne)

Insting memiliki peran besar untuk menyelamatkan diri dari situasi yang tidak kamu inginkan. Biasanya, wanita memiliki insting yang sangat kuat dalam situasi tertentu. Jika merasa tak nyaman saat bersama orang yang mungkin dikenal atau tidak, usahakan untuk pergi segera mungkin sambil kamu mengubungi orang terdekat. 

2. Melakukan persiapan

Saat berpergian, pastikan untuk selalu membawa uang tunai dan ponsel dengan baterai penuh. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Personal Safety App, untuk menjaga keselamatan.

3. Usahakan orang terdekat tahu ke mana kamu pergi

Photo Of Woman Covering Her Face

Ilustrasi wanita (Foto: Pexels/Eternal Happiness)

Sangat diperlukan sekali agar keluarga dan teman-teman tahu ke mana kamu akan pergi. Jika kamu pergi bersama teman, usahakan agar selalu bersama.

4. Selalu perhatikan sekitar

Saat berjalan sendirian, usahakan untuk memperhatikan keadaan sekitar. Jangan gunakan headset atau earphone. Usahakan agar terus berjalan serta pilih jalur ramai. Lebih baik jika kamu siap siaga kepada orang-orang yang mencurigakan, dan mengetahui deskripsi fisik dari orang tersebut.

5. Jangan ragu meminta bantuan

Woman With Tied Hands

Ilustrasi wanita (Foto: Pexels/Engin Akyurt)

Ketika kamu merasa diikuti, masuklah ke dalam tempat yang ramai seperti restoran atau pusat perbelanjaan. Jika seseorang membuatmu jadi tidak nyaman dan kamu tidak bisa kabur, keraskan suaramu agar orang lain dapat membantumu.

Tag: viral pelecehan seksual

Bagikan :