Sambut Ramadan, Berikut Tata Cara dan Bacaan Salat Tarawih

Tim Editor

Niat Salat Tarawih (Dok: Era.id)

ERA.id - Salah satu agenda Ramadan yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia ialah salat tarawih. Dalam pelaksanaannya, salat tarawih memilik tata cara dan bacaan yang sedikit berbeda dari salat wajib seperti biasanya. 

Menyambut bulan suci Ramadan, umat muslim akan menggelar salah satu salat sunah yang hanya ditemui setahun sekali, yaitu salat tarawih. Hal ini merupakan salah satu keutamaan yang bisa dijumpai selama bulan Ramadan. 

Biasanya salat tarawih dilaksanakan secara berjamaah sebanyak delapan rakaat dengan dua kali salam, atau 20 rakaat dengan 10 kali salam. Dalam setiap jeda rakaat, biasanya umat islam diberi waktu untuk beristirahat dengan membaca doa salat tarawih. 

Berikut ini tata cara dan bacaan salat tarawih yang baik dan benar:

Niat Salat Tarawih

Sebelum memulai salat, tentunya harus diawali dengan bacaan niat baik saat melaksanakannya secara berjamaah, sebagai imam, atau pun seorang diri. 

Niat salat tarawih sebagai makmum adalah "Ushollii sunnatat taroowiihi rak'ataini mustaqbilal qiblati ma'muuman lillaahi ta'ala", yang artinya 'Saya niat salah sunah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah subhannahu w ta'ala'.

Lalu, niat salat tarawih sebagai imam adalah "Ushollii sunnatat taroowiihi rak'ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta'ala", artinya 'saya niat salah sunah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah subhannahu wa ta'ala'.

Pun demikian apabila ingin melaksanakan salat tarawih seorang diri lantaran kesibukan kerja bisa melaksanakannya sendiri di rumah dengan niat, "Ushollii sunnatat taroowiihi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta'ala".

Salat Witir dan Niatnya

Rangkaian selanjutnya setelah membaca niat dilakukan sebagaimana biasanya salat wajib dilakukan. Begitu juga hingga tahiat akhir dengan bacaan yang sama. 

Namun yang menarik dan sedikit berbeda dari rangkaian salat tarawih ialah adanya salat witir dengan jumlah rakaat ganjil, satu atau pun tiga rakaat.

Adapun niat untuk melaksanakan salat witir adalah "Ushallii sunnatam minal witri rak'atal lillaahhi ta'aalaa", yang artinya "Aku niat shalat sunnat witir satu rakaat karena Allah ta'ala."

Lalu, setelah tata pelaksanaan salat tarawih selesai dilaksanakan akan dilanjutkan dengan pembacaan doa hingga pembacaan niat puasa ramadan. 

Itu lah sejumlah rangkaian dan doa yang perlu diperhatikan saat melaksanakan salat tarawih. 

 

 

Tag: buka puasa ramadan 2018 salat tarawih Niat Salat Tarawih Jadwal Puasa 2021

Bagikan: