Cara Mudah Khatam Al-Qur'an 30 Juz Selama Ramadan

| 14 Apr 2021 02:02
Cara Mudah Khatam Al-Qur'an 30 Juz Selama Ramadan
Tips Khatam Al-Qur'an (Unplash/Syed Aoun Abbas)

ERA.id - Salah satu keutamaan dan amalan bulan suci Ramadan ialah membaca Al-Qur'an dalam waktu 30 hari. Namun, sering kali banyak orang yang jarang mengkhatam Al-Qur'an sekama bulan Ramadan.

Memasuki bulan suci Ramadan, umat muslim akan berlomba-lomba untuk mencari amal dan kebaikan serta memperbaiki diri. Salah satu cara yang dilakukan ialah memperbanyak membaca Al-Qur'an selama Ramadan.

Berikut ini cara jitu untuk mengkhatam Al-Qur'an dalam waktu 30 hari tanpa gagal.

Niat 

Banyak orang yang gagal mengkhatam Al-Qur'an selama bulan Ramadan dengan berbagai alasan. Untuk menghindari hal itu, ada baiknya semua kegiatan diawali dengan niat untuk menjalankan ibadah.

Begitu juga niat untuk mengkhatam Al-Qur'an yang diperlukan agar mendapat ridha dari Allah SWT. Salah satu cara membangun niat boleh digambarkan sebagai janji dengan seseorang yang harus ditepati. 

Dengan segenap niat dan keyakinan, niscaya membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan akan terasa menyenangkan terlepas dari amalan dan pahala yang akan didapat.

Tentukan Waktu Untuk Tadarus Al-Qur'an

Al-Qur'an (Unplash/Adli Wahid)

Salah satu permasalahan yang sering dialami untuk membaca Al-Qur'an ialah waktu yang tak menentu. Terkadang banyak orang yang memilih untuk tidur siang atau fokus dengan pekerjaannya. 

Tetapi menetapkan waktu untuk melaksanakan tadarus sangat diperlukan demi menjaga konsistensi dan target. Bila siang hari tak sempat untuk membaca Al-Qur'an, Anda bisa melaksanakannya setelah salat tarawih di Masjid bersama-sama atau setelah melaksanakan salat subuh. 

Satu Hari Satu Juz

Al-Qur'an terdiri dari 30 juz dan Ramadan dilaksanakan selama 30 hari. Bila menetapkan diri untuk membaca Al-Qur'an satu hari satu juz, maka tak menutup kemungkinan selama 30 hari kedepan Anda sudah mengkhatam Al-Qur'an. 

Pastinya demi mencapai satu hari satu juz harus diawali dengan niat yang baik agar terasa menyenangkan dan mendapat berkah dari Allah SWT.

Tadarus Bersama

Bila tadarus Al-Qur'an seorang diri terasa memberatkan dan menyulitkan, tak ada salahnya Anda berkumpul dengan keluarga atau pun teman untuk melaksanakan tadarus bersama. 

Anda juga bisa menerapkan sistem membaca Al-Qur'an bergantian dengan teman atau keluarga apabila ingin terasa lebih ringan. 

Itu lah beberapa tips jitu untuk mengkhatam Al-Qur'an selama bulan Ramadan. Jangan lupa untuk menerapkannya selama Ramdan tahun ini ya!

Rekomendasi