8 Tanaman Hias Indoor dengan Media Air untuk Mempercantik Rumah

| 28 Oct 2023 07:15
8 Tanaman Hias Indoor dengan Media Air untuk Mempercantik Rumah
Syngonium, contoh tanaman hias indor bermedia air (pexels)

ERA.id - Merawat tanaman tidak harus menggunakan media tanam berupa tanah. Ada cukup banyak tanaman hias indoor dengan media air yang bisa dipilih.

Dengan demikian, Anda tidak perlu ribet mengupayakan tanah subur dengan pemupukan. Merawat tanaman bermedia air bisa jadi latihan bercocok tanam.

Tanaman hias indoor bermedia air tak hanya jadi dekorasi ruangan, tapi juga punya manfaat lain. Tanaman jenis ini bisa menyerap karbon dioksida sehingga memubat ruangan terasa lebih segar. Anda tinggal memilih jenis tanaman yang diinginkan dan cocok dengan dokorasi ruangan Anda.

Rekomendasi Tanaman Hias Indoor dengan Media Air

  • Sirih gading

Sirih gading punya daun berwarna kuning cerah atau hijau pucat kekuningan. Ini adalah tanaman hias yang cukup populer di masyarakat. Sirih gading memiliki penampilan yang cantik dan segar.

Jika Anda ingin mengembangbiakkan tanaman ini dengan botol, langkah yang dibutuhkan cukup mudah. Potong batangnya (yang berdaun) sepanjang 20—30 sentimeter. Setelah itu, masukkan batang tersebut ke dalam botol yang berisi air.

  • Philodendron

Dilansir Urbanfarmcollective, philodendron termasuk tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di media air. Selain itu, tanaman ini mampu hidup di segala kondisi pencahayaan sehingga bisa dijadikan penghias ruangan.

Anda bisa menaruh tanaman ini di dalam botol kaca atau vas berisi air di dalam ruangan, yang penting tetap terkena cahaya. Salah satu tempat yang bisa dipilih adalah dapur dan dekat jendela.

  • Syngonium

Tanaman syngonium bisa dirawat dengan media tanah dan media air. Daun dari tanaman ini memanjang dan runcing pada bagian ujung. Hal tersebut menjadikan syngonium punya tampilan yang menarik, terutama jika diletakkan di sudut ruangan.

Anda bisa menggunakan botol kaca berisi air untuk merawat tanaman ini. Letakkan tanaman syngonium di di tempat yang terang agar bisa tumbuh dengan subur.

  • Pakis lidah

Pakis lidah tumbuh dari batang bernama rimpang. Pakis lidah bisa menyerap nutrisi dari air melalui daun dan akar. Pertumbuhannya akan baik jika mendapatkan sorotan sinar Matahari. Anda bisa menaruh tanaman ini di dalam botol berisi air di tempat yang terkena sinar Matahari, misalnya dekat jendela.

  • Ivy

Ivy adalah tanaman hias bermedia air yang termasuk dalam tanaman merambat. Tanaman ini punya bentuk daun yang unik sehingga cocok untuk memperindah ruangan. Ivy juga bisa membersihkan udara sehingga ruangan terasa lebih segar.

  • Calla lily

Tanaman ini punya bentuk yang indah menawan, terutama karena punya bunga indah berwarna putih. Bunga dari calla lilly tak hanya putih, ada pula yang hijau, ungu, oranye, dan merah. Tanaman ini bisa tumbuh di media tanah yang agak basah dan di media air.

Calla lilly, contoh tanaman hias dengan media air (pexels)
  • Bambu air

Bambu air juga disebut sebagai horse tail. Bambu air punya daun gak bengkok dengan warna hijau atau abu-abu. Batangnya berdaging sehingga cukup berbeda dengan bambu darat.

  • Melati air

Salah satu ciri utama melati air adalah bunga berwarna putih berkelopak tiga dan berdaun kaku. Tanaman ini biasanya mekar saat pagi dan kembali menguncup saat sore. Melati air bisa dirawat dengan media air, tapi jangan sampai tenggelam.

Itulah berbagai jenis tanaman hias indoor dengan media air yang bisa Anda jadikan penghias ruangan. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi