Tipe-Tipe Lampu Taman untuk Mempercantik Halaman Rumah

Tim Editor

Ilustrasi lampu taman

ERA.id - Penambahan lampu taman dapat memberikan kesan yang berbeda pada rumah. Selain berfungsi sebagai sumber penerangan pada malam hari, lampu taman juga memberikan efek mewah pada rumah menjelang malam hari.

Jika tidak ada lampu, rumah terkesan gelap dan tidak berpenghuni sehingga menjadi rawan kejahatan, selain itu rumah dapat ditemukan lebih mudah pada malam hari jika ada tambahan penerangan.

Lampu taman juga bisa menciptakan suasana yang romantis sehingga kalian bisa kencan dengan pasangan di halaman rumah.

Lampu taman memiliki banyak tipe dan variasi. Nah, lebih soal itu, yuk simak penjelasan tentang tipe-tipe lampu taman di bawah ini.

Garden Spike Lights

Salah satu keuntungan lampu spike adalah lampu ini biasanya sangat mudah dipasang. Mayoritas spike lights bertenaga baterai atau surya, yang berarti kalian tidak perlu khawatir tentang cara menghubungkannya ke listrik.

Ini menjadikan spike lights pilihan yang bagus jika kalian ingin menekan biaya dan juga lebih aman digunakan. Kelemahan dari menggunakan baterai atau lampu bertenaga surya adalah seringkali mereka kekurangan daya.

Oleh karena itu, lampu ini sering digunakan untuk tujuan dekoratif, daripada untuk menghasilkan cahaya dalam jumlah besar.

Garden Bollard Lights

Bollard lights terlihat seperti miniatur lampu jalan. Mereka bekerja dengan baik di taman yang lebih besar dan ruangan outdoor. Lampu ini tersedia dalam berbagai ukuran dan model.

Selain memikirkan dengan cermat ukuran dan gaya dari lampu yang kalian akan pilih, kalian juga harus mempertimbangkan bagaimana cahaya lampu tersebut dipancarkan.

Beberapa lampu memancarkan cahaya 360 derajat, yang ideal untuk ruang terbuka yang besar. Sedangkan ada beberapa tipe yang hanya bersinar dalam satu arah, memberikan pancaran cahaya yang lebih sempit dan menerangi daerah yang ada di depannya saja.

Bollard lights cocok digunakan untuk jalan masuk, jalur taman yang lebih luas, dan halaman rumput.

Outdoor Floodlights

Lampu floodlights memancarkan cahaya terang yang sangat lebar, dan biasanya digunakan sebagai lampu pengaman. Umumnya, dengan menggunakan lampu floodlights di taman, hanya akan menghilangkan efek pencahayaan lainnya. 

Namun jenis lampu ini dapat digunakan dengan cara yang mirip dengan spotlight jika ditempatkan di permukaan tanah. Misalnya jika kalian memiliki pohon atau dinding besar yang ingin diterangi, floodlight mungkin lebih efektif daripada spotlight, karena keluaran cahaya yang lebih tinggi.

Spotlight

Spotlight mirip dengan floodlight, tetapi cenderung memancarkan berkas cahaya yang lebih sempit. Ini membuatnya sempurna untuk menonjolkan fitur-fitur di dalam taman kalian.

Lampu bertenaga listrik paling baik dalam hal kecerahan dan umur panjang, tetapi lampu bertenaga surya dan baterai cocok untuk penggunaan sementara karena lebih praktis dan tidak memerlukan instalasi listrik di tengah taman. Beberapa jenis spotlight juga dapat terendam air, sehingga cocok untuk lampu kolam. 

Lampu sorot atau spotlight ini hadir dalam berbagai warna yang dapat digunakan untuk menciptakan suasana romantis yang diinginkan. 

In-ground lights

Lampu dalam tanah pada dasarnya adalah spotlight yang tertanam di tanah, dengan bagian muka yang pas sejajar dengan permukaan tanah. 

In-ground paling sering digunakan di tepi jalan masuk dan jalan setapak, dan alat kelengkapan dengan peringkat IP68 dapat sepenuhnya terendam dalam air. Mereka juga dapat dipasang secara horizontal ke muka tangga dan dinding.

Itulah tipe-tipe lampu yang bisa kalian gunakan di taman kalian. Jangan lupa untuk melengkapi taman kalian dengan kursi taman agar kalian bisa bersantai dan menikmati suasana malam hari dengan lampu-lampu yang membuat taman tampak indah.

Dapatkan pilihan harga kursi taman serta harga lampu outdoor yang terjangkau dan berkualitas hanya di Ruparupa.com Kalian bisa dapatkan furniture outdoor berkualitas hanya di Ruparupa dengan harga yang terjangkau!

Tag: tips and trick lampu taman

Bagikan: