Tips Memilih CCTV Outdoor untuk Area Taman dan Rekreasi

| 06 Apr 2022 17:16
Tips Memilih CCTV Outdoor untuk Area Taman dan Rekreasi
Ilustrasi CCTV (Pixabay)

ERA.id - Sering jalan ke area umum seperti taman atau tempat rekreasi? Pernahkah Anda memperhatikan lokasi pemasangan cctv outdoor? Saat ini hampir di setiap sudut kota seperti taman atau area rekreasi dengan alasan utama soal keamanan dan keselamatan masyarakat umum.

Sayangnya masih banyak beranggapan bahwa cctv tidak memiliki andil besar dalam hal keamanan. Alasannya hasil rekaman cctv tidak bisa mencegah tindak kejahatan, padahal tidak sama sekali. Apalagi sekarang sudah banyak cctv dengan teknologi canggih yang bisa dipilih.

Seperti apakah cctv yang cocok untuk dipasang pada ara outdoor baik itu taman dan tempat rekreasi, cek langsung tipsnya.

Mengapa Area Taman dan Rekreasi Perlu CCTV Outdoor?

Closed Circuit Television atau cctv yang kerap disebut dengan kamera pengintai ini wajib dipasang pada area outdoor. Khususnya tempat yang sering didatangi oleh masyarakat umum seperti taman dan tempat rekreasi dimana tindak kejahatan juga kerap kali terjadi.

Fungsi dari cctv outdoor cukup beragam dan jadi alasan kuat mengapa pemasangannya begitu penting. Pertama adalah untuk mengatasi tindakan vandalisme pada sejumlah fasilitas umum. Dikutip dari nasional.tempo.co, aksi corat coret sering terjadi pada fasilitas taman di Semarang ditambah dengan rusaknya kran air minum karena menjadi tempat pembuangan puntung rokok.

Akhirnya pemerintah pun memasang hingga 200 cctv di setiap sudut kota Semarang. Di mana CCTV ini terhubung langsung dengan aplikasi android yang juga bisa dipantau langsung oleh masyarakat. Fungsi kedua cctv outdoor adalah untuk mengatasi tindak kejahatan baik mencegah atau menjadi barang bukti.

Kamera pengintai dapat membantu kepolisian untuk mengurangi patroli fisik namun tetap bisa mengawasi area publik dengan lebih terperinci. Tindak kejahatan pun lebih cepat ditangani karena adanya fitur pengenalan wajah dari cctv.

Mengingat alasan ini tentu saja, penting untuk tetap memasang cctv pada area outdoor. Masyarakat pun bisa merasa aman dan nyaman beraktivitas di taman atau tempat-tempat rekreasi.

5 Tips Memilih Paket CCTV Outdoor Demi Keamanan dan Keselamatan Masyarakat Umum

Pemasangan cctv untuk area outdoor tidak bisa dilakukan sembarangan, termasuk dengan pemilihan perangkat cctv. Perlu Anda pahami bahwa tidak semua jenis cctv bisa dipasang untuk area outdoor, karena perangkat dirancang secara berbeda.

Tersedia cctv indoor dan outdoor serta merk yang berbeda, di antara semua jenis cctv ini manakah yang tepat untuk pemasangan outdoor? Bagaimana cara Anda memilih cctv outdoor terbaik? Temukan semua jawabannya dengan mengikuti tips berikut ini:

1.   Kualitas NVR yang Kuat

Network Video Recorder dan NVR adalah komponen utama dalam merekam hasil dari tangkapan kamera pengintai. Setiap NVR memiliki kapasitas 4, 8 sampai dengan 16 kamera, lalu manakah yang sebaiknya dibeli? Anda bisa memperhatikan kualitas NVR ini dari batasan resolusi kamera, transmisi, dan juga batasan FPS (Frame per Second).

Setiap NVR memiliki batasan resolusi yaitu 1 MP, 2 MP atau lebih besar lagi. NVR yang bagus untuk outdoor sebaiknya beresolusi tinggi sehingga hasil gambar yang terekam lebih jernih. Jika Anda memilih NVR dengan resolusi rendah, meskipun kamera berkualitas bagus maka hasil rekaman juga akan diturunkan resolusinya.

Selanjutnya adalah soal transmisi Video Recorder yang terdiri dari beberapa jenis seperti analog, analog HD, IP, dll. Di antara itu semua Video Recorder IP adalah yang menguntungkan karena meskipun memiliki keterbatasan channel namun memiliki kemampuan yang mumpuni dan instalasi yang fleksibel.

Pertimbangan pemilihan NVR cctv outdoor terbaik juga bisa dilihat dari FPS yang akan membedakan soal harga. FPS adalah gambar dari tiap detik yang dihasilkan, ada yang 1 detik 10 gambar namun ada juga 30 gambar bahkan 60 gambar. Semakin tinggi lebih baik, namun standar dari kamera yang bisa disimpan adalah sampai 30 FPS saja.

2.   Hardisk dengan Garansi Terbaik

Tips memilih cctv outdoor selanjutnya adalah soal hardisk yang jadi kunci penyimpanan data rekaman. Besar kecilnya kapasitas hardisk yang menentukan berapa lama hasil rekaman akan tersimpan apakah 1 minggu, 2 minggu bahkan 1 bulan. Soal besar kecilnya kapasitas hardisk harus ditentukan dengan kebutuhan Anda, biasanya standar adalah 1 bulanan.

Selain soal kapasitas, Anda juga wajib mempertimbangkan garansi yang diberikan oleh produsen hardisk cctv tersebut. Garansi yang dipilih sebaiknya melalui jalur resmi principle artinya ketika hardisk rusak akan hanya akan diproses di distributor provinsi kemudian pusat.

Jelasnya garansi ini memudahkan Anda untuk melakukan klaim, yakni langsung ke toko yang akan mengirimkannya ke distributor.

3.   Kualitas Kamera yang Jernih

Pada saat membeli cctv outdoor untuk taman dan tempat rekreasi penting juga memperhatikan soal kualitas kamera. Hasil rekaman bukan hanya yang tersimpan di NVR tetapi juga dari tangkapan kamera, jadi jika resolusi NVR tinggi namun kamera rendah hasilnya akan tetap buruk.

Standar kamera cctv untuk outdoor adalah minimal 2 MP bahkan ada juga yang sampai dengan 8MP. Perlu diingat bahwa harga kamera biasanya bertambah murah seiring dengan keluarnya produk baru yang lebih canggih.

Tidak masalah jika Anda harus membeli kamera dengan kualitas tinggi saat ini karena teknologi baru akan cepat keluar. Sehingga kualitas kamera yang dibeli sebelumnya tidak kalah dengan kamera baru.

4.   Memilih CCTV dengan Fitur Inframerah

Pada saat memilih cctv outdoor pertimbangkan juga soal fitur inframerah. Cctv yang dipasang secara outdoor harus aktif 24 jam termasuk malam hari. Hadirnya fitur ini akan memperbaiki tangkapan gambar di area yang minim cahaya seperti waktu malam.

Fitur inframerah ini akan otomatis menyala ketika cahaya dari tangkapan kamera sudah mulai berkurang. Gambar yang dihasilkan akan tampak tetap jelas dan manfaatnya sangat besar pada hasil rekaman.

5.   Membeli Paket CCTV Lengkap dengan Pemasangan

Tips yang terakhir adalah selalu beli cctv yang lengkap beserta pemasangannya. Jika Anda membeli perangkat cctv saja belum tentu pemasangannya bisa dilakukan sendiri. Apalagi jika Anda akan memasang sejumlah kamera di banyak titik.

Cctv outdoor pun kini banyak tersedia sudah satu paket dengan pemasangannya. Anda bahkan jauh lebih untung karena kamera pengintai sudah dipasang langsung oleh ahlinya. Meminimalisir kesalahan dan kecepatan pemasangan pun jauh lebih baik.

CCTV Outdoor Terbaik

Soal pemilihan cctv outdoor Anda bisa mengandalkan produk dari Hikvision. Cctv yang dihadirkan tidak lagi berbasis sensor konvensional. Anda akan mendapatkan produk yang sudah memanfaatkan teknologi Hikvision AcuSense.

Teknologi ini sendiri adalah penambahan intelegensi atau pengindraan lebih kuat pada kamera pengintai. Memanfaatkan algoritma pembelajaran yang lebih mendalam sehingga bisa membedakan orang dan kendaraan serta target bergerak yang lainnya.

Berkat teknologi yang ditanamkan pada cctv outdoor ini maka ada berbagai keuntungan yang diperoleh. Mulai dari menonton peristiwa real time dan juga mendapatkan data kunci dari area kejadian. Bukti-bukti yang lebih kuat melalui rekaman cctv bisa diandalkan oleh aparat penegak hukum.

Tidak hanya itu saja, selama Anda menggunakan cctv Hikvision dengan teknologi AcuSense ini ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa diperoleh sebagai berikut:

1.   Alarm yang Lebih Akurat

Kebanyakan cctv akan mudah menimbulkan alarm hanya dari gerakan hewan kecil atau benda lain yang tidak relevan. Selama menggunakan Hikvision AcuSense Anda lebih terhindar dari masalah alarm palsu tersebut.

Fokus gerakan akan berada pada gerakan yang dipicu oleh manusia serta kendaraan. Fungsi cerdas ini memanfaatkan deteksi gerakan yang lebih akurat sehingga pemantauan yang dilakukan tidak akan salah.

2.   Hadirnya Peringatan secara Visual dan Auditori

Mencegah terjadinya kejahatan, cctv outdoor Hikvision AcuSense ini menggunakan metode respon dan pencegahan di tempat dengan memanfaatkan peringatan secara auditori dan visual. Keduanya dapat disesuaikan sehingga lapisan perlindungan pun akan bertambah.

Fungsi menjaga keamanan akan dihadirkan oleh kamera pengintai dengan lebih baik. Kepercayaan masyarakat untuk menggunakan area umum seperti taman dan tempat rekreasi juga lebih tinggi.

3.   Pencarian Target yang Lebih Cepat

Masih dalam memenuhi fungsinya menjaga keamanan, cctv Hikvision AcuSense akan bekerja untuk mencari target dengan lebih cepat dan efisien berdasarkan dengan jenisnya. Klik rekaman akan dibedakan sesuai dengan kategori manusia, kendaraan dan objek lainnya.

Hadirnya klasifikasi ini akan meningkatkan efisiensi pencarian bagi terjadi tindak kejahatan di ruang publik. Tidak perlu waktu lama untuk mengidentifikasi wajah seseorang yang merupakan pelaku kejahatan atau kasus lainnya.

Jadi ada dua macam cara yang diterapkan oleh Hikvision AcuSense dalam menyoroti suatu kejadian. Pertama adalah dengan membunyikan alarm ketika dipicu oleh sebuah kejadian. Kedua adalah dengan mengurutkan video berdasarkan kategori yang membuat pencarian jauh lebih cepat dan mudah.

Level baru sebuah sistem keamanan telah dihadirkan oleh Hikvision AcuSense. Anda tidak akan menemukannya pada produk lainnya. Bahkan tingkat pengurangan alarm palsu memiliki akurasi hingga 98%. Efisiensi cctv yang tadinya masih banyak diragukan kini terjawab sudah dengan peluncuran produk Hikvision AcuSense.

Anda yang selama ini masih saja merasa kurang nyaman berada di ruang publik seperti taman dan tempat rekreasi kini tidak perlu khawatir lagi. Selama area tersebut dipasang Hikvision AcuSense maka berbagai tindak kejahatan dapat dicegah dan diatasi dengan cepat.

Hanya dengan mempekerjakan security di area taman dan rekreasi tidak cukup untuk menjangkau seluruh area dengan teliti. Belum lagi ketika malam hari kemampuan pandangan mata normal masih kurang baik. Diperlukan banyak tenaga security untuk menyusuri seluruh area setiap jamnya.

Teknologi cctv hadir untuk menyelesaikan masalah keamanan yang kerap kali cukup mengkhawatirkan di area taman dan juga rekreasi. Dengan memilih dan memasang cctv yang tepat, maka kejahatan seperti perampokan hingga vandalisme fasum bisa diminimalisir.

Apalagi dengan kecanggihan yang ditawarkan cctv outdoor Hikvision AcuSense. Mulai tingkat keakuratan alarm yang membuat Anda terhindar dari alarm palsu. Efisiensi pencarian juga akan didapatkan di level yang jauh lebih baik.

Salah pilih cctv bisa berdampak pada kenyamanan aktivitas masyarakat di tempat umum. Memilih Hikvision AcuSense adalah pilihan bijak demi menjaga keamanan seluruh area taman dan rekreasi yang ramai dikunjungi masyarakat umum setiap harinya.

Tags : CCTV tips
Rekomendasi