Tips Memilih Jam Tangan Outdoor yang Awet dan Siap Diajak Berpetualang

| 29 Oct 2023 22:05
Tips Memilih Jam Tangan Outdoor yang Awet dan Siap Diajak Berpetualang
Tips memilih jam tangan outdoor (unsplash)

ERA.id - Ketika mencari jam tangan outdoor terdapat beberapa hal yang akan Anda perhatikan seperti ketahanan hingga beragam fitur yang mendukung aktivitas luar ruangan. Untuk itu, mari kita bahas beberapa tips memilih jam tangan outdoor.

Artikel ini akan membahas beberapa tips penting yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih jam tangan outdoor yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, Anda akan dapat menemukan jam tangan yang andal dalam menemani petualangan di alam terbuka.

Tips Memilih Jam Tangan Outdoor

  1. Siap untuk cuaca buruk: perhatikan ketahanan terhadap air

Jika Anda biasanya hanya pergi jalan-jalan dan sesekali hujan-hujanan, maka jam tangan dengan ketahanan air 5 Bar sudah cukup.

Tetapi jika Anda lebih suka berpetualang, maka lebih bijak untuk memilih jam tangan yang tahan air setidaknya 10 Bar. Anda tidak tahu apakah akan tiba-tiba hujan lebat atau harus melewati aliran sungai.

  1. Perhatikan kecerahan

Penting agar jam tangan mudah dibaca. Kontras tinggi antara dial, indeks, angka, dan jam itu sendiri berkontribusi pada visibilitas dan kejelasan. Selain itu, pastikan jarum dan indeks jam tangan outdoor dilapisi dengan lapisan bercahaya atau tabung bercahaya.

Pilih jam tangan dengan visibilitas tinggi (unsplash)
  1. Fungsionalitas

Bagaimana Anda akan menggunakan jam tangan tentu akan tergantung pada olahraga yang akan Anda lakukan. Jika Anda mencari jam tangan yang seharusnya hanya menunjukkan waktu, tetapi harus tahan terhadap benturan dan air, maka jam tangan plastik tahan air sederhana mungkin sudah cukup.

Tetapi jika Anda benar-benar ingin menggunakan jam tangan untuk aktivitas tertentu seperti mendaki, berjalan malam, atau bersepeda, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak fitur. Misalnya, altimeter, jarak, atau kompas.

  1. Baterai jam tangan outdoor harus tahan lama

Faktor penting lainnya adalah seberapa lama baterai jam tangan tersebut bertahan. Jam tangan kuarsa ditenagai oleh baterai. Bergantung pada penggunaan, baterai ini bertahan rata-rata 1,5 hingga 2 tahun. Namun setelah baterai diganti maka ketahanan jam tangan terhadap air akan berkurang.

Solusinya adalah: Jam tangan tenaga surya adalah jam tangan kuarsa yang diisi dayanya dengan energi matahari. Baterai jam tangan ini biasanya tidak perlu diganti, yang berarti ketahanan terhadap air dapat dijamin lebih lama.

  1. Perhatikan jenis dan material tali jam tangan

Pilihan material tali jam tangan memang tergantung preferensi masing-masing. Beberapa orang lebih suka memakai baja yang kokoh, sementara yang lain lebih suka karet (silikon) yang fleksibel.

Tali kulit kurang cocok untuk jenis jam tangan outdoor karena tidak tahan terhadap kelembaban. Itulah mengapa banyak pemakai jam tangan outdoor memilih tali NATO nylon.

Jenis tali nato nylon tahan air, mudah disesuaikan ukurannya, dan nyaman dipakai. Selain itu, tali ini tidak akan lepas dari jam tangan..

Beberapa jam tangan outdoor dilengkapi dengan tali paracord yang merupakan material ngat kuat dan dapat digunakan dalam situasi darurat sebagai benang pemancingan atau untuk membuat api.

  1. Navigasi melalui jam tangan Anda

Jika Anda sering berpetualangan di alam, maka fitur navigasi sangat penting. Dalam hal ini, pilihlah jam tangan outdoor yang setidaknya memiliki kompas dan altimeter. Misalnya, jam tangan outdoor Casio Pro Trek dan G-Shock dilengkapi dengan sistem tiga sensor yang mencakup barometer, termometer, dan altimeter.

Selain tips memilih jam tangan outdoor, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman.

Rekomendasi