Beda dengan di Indonesia, 5 Fakta Menarik Seputar Belanja Kebutuhan Sehari-Hari di Korea

| 14 Dec 2022 13:47
Beda dengan di Indonesia, 5 Fakta Menarik Seputar Belanja Kebutuhan Sehari-Hari di Korea
Belanja di supermarket Korea (Dok. Gushcloud, Kimbab Family)

ERA.id - Berbagai makanan ringan asal Korea Selatan saat ini bisa ditemukan dengan mudah di supermarket di Indonesia. Selain di supermarket lokal, produk makanan dan minuman asal negeri ginseng tentunya tersedia di berbagai supermarket Korea yang ada di kota-kota besar.

Kegiatan berbelanja di supermarket menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari, tetapi kegiatan ini bisa bervariasi antara satu negara dengan negara yang lain. Termasuk ketika Anda berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket di Indonesia dan di Korea.

Ingin tahu perbedaannya? Berikut rangkuman 5 fakta menarik tentang perbedaan budaya belanja di supermarket di Korea dan di Indonesia, yang dihimpun Era.id dari siaran resmi Gushcloud, Kimbab Family.

1. Mayoritas pekerja dari kelompok lanjut usia

Umumnya, kita dibantu oleh pegawai muda saat berbelanja di sini. Namun, ketika kita berlibur di Korea, para pekerja lanjut usia, terutama para ibu, akan lebih sering ditemui di supermarket. Mereka terbiasa bekerja dengan  cekatan dan bekerja keras dalam mengangkat barang-barang di supermarket.

2. Kasir bergerak dengan sangat cepat

Belanja di supermarket Korea (Dok. Gushcloud, Kimbab Family)

Hal ini merupakan karakteristik dari banyak supermarket di Korea. Mulai dari memindai barang hingga menghitungnya satu per satu, semuanya dilakukan dengan cepat oleh para kasir. Selain dilakukan dalam waktu singkat, kasir juga melakukannya dengan akurat.

3. Penggunaan mesin kasir self-checkout

Perkembangan teknologi dan upah tenaga kerja yang tinggi menjadikan mesin kasir self-checkout sering ditemui di supermarket di Korea. Ketika menggunakan mesin ini, pelanggan sendiri yang memindai barcode dan memasukkan barang-barang ke tas belanja. Jika terdapat barang-barang yang perlu diperiksa lebih lanjut, ada supervisor yang akan membantu Anda.

4. Pelanggan memasukkan belanjaan sendiri

Di Indonesia, kasir masih membantu kita memasukkan barang belanjaan ke dalam tas. Sementara itu di Korea, Anda harus memasukkan sendiri barang belanjaan yang sudah dibayar ke dalam tas. Proses ini juga harus dilakukan dengan cepat, agar tidak menghambat antrean pelanggan berikutnya.

5. Mayoritas metode pembayaran cashless

Saat ingin membayar belanjaan, kita perlu segera mempersiapkan credit card atau metode pembayaran cashless lainnya karena kasir bekerja dengan cepat. Mayoritas pembayaran di Korea saat ini sudah cashless.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mendapatkan pengalaman berbelanja di supermarket di Korea?

Rekomendasi