Jam Sekolah di Korea Selatan dan Beberapa Fakta Menarik Seputar Pendidikannya

| 04 Mar 2023 20:05
Jam Sekolah di Korea Selatan dan Beberapa Fakta Menarik Seputar Pendidikannya
Jam sekolah di korea selatan (unsplash)

ERA.idSekolah jam 5 pagi mulai diberlakukan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa waktu lalu. Hal tersebut lantas membuat polemik, hingga tidak sedikit yang membandingkan dengan jam sekolah di Korea Selatan.

Dilansir dari laman internations, tahun akademik di Korea berlangsung dari bulan Maret hingga Februari. Semester pertama berlangsung selama lima bulan, dari Maret hingga Juli, dan diikuti oleh satu bulan liburan musim panas.

Jam Sekolah di Korea Selatan

Kemudian semester kedua di Korea Selatan dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Februari, dengan liburan musim dingin selama satu setengah bulan yang dimulai pada pertengahan Desember dan berakhir pada akhir Januari.

Sementara itu jam sekolah siswa di sekolah tergantung pada tingkat sekolah mereka. Murid sekolah dasar masuk sekolah pukul 08.00 dan pulang sekitar pukul 13.00. Kemudian siswa sekolah menengah pertama dan menengah atas berada di sekolah sedikit lebih lama, dari pukul 08:00 hingga sekitar pukul 16:30.

Kegiatan belajar di Korea dimulai jam 8 pagi (Unsplash)

30 menit pertama di sekolah digunakan untuk belajar mandiri, di mana guru memeriksa kehadiran siswa dan mengurus hal-hal administratif.

Kelas di Korea Selatan dimulai pada pukul 08:30. Setiap pelajaran berdurasi 45 menit dengan istirahat 10 menit di antaranya.

Kemudian makan siang disajikan pada pukul 12:30 dan berlangsung selama satu jam (dilakukan hampir setiap hari untuk siswa SMP dan SMA terdiri dari tujuh kelas).

Namun, bukan berarti para siswa langsung pulang ke rumah setelah pelajaran selesai. Banyak anak yang pergi ke akademi setelah sekolah yang disebut “hagwon”.

Mengenal Hagwon di Korea Selatan

Hagwon adalah akademi setelah sekolah yang diikuti oleh sebagian besar siswa. Di sini, siswa SMP dan SMA fokus pada bidang akademis, sementara siswa sekolah dasar dapat memilih antara mata pelajaran akademis, seni, atau olahraga.

Hagwon juga dapat diwajibkan oleh sekolah yang diikuti oleh siswa meskipun sekolah-sekolah ini tidak gratis.

Dalam hal akademis, biasanya penekanan di hagwon adalah pada matematika dan bahasa Korea dan Inggris. Mata pelajaran lainnya termasuk ilmu pengetahuan alam dan sosial.

Untuk siswa SMP dan SMA, kelas di hagwon dimulai pada pukul 17:00. Makan malam disajikan sekitar pukul 18:00, setelah itu siswa kembali belajar hingga pukul 20:00 atau 22:00, tergantung pada sekolahnya.

Secara hukum, sekolah tidak diizinkan untuk mengadakan kelas setelah pukul 22:00. Namun, tidak semua sekolah mematuhi peraturan ini.

Fakta Pendidikan di Korea Selatan

Berikut ini beberapa fakta menarik pendidikan dan sekolah di Korea Selatan yang membedakan dengan negara-negara lainnya:

●        Di Korea, setiap kali siswa memulai tingkat sekolah baru, mereka disebut sebagai siswa "kelas satu". Ini berarti, misalnya, siswa kelas tujuh disebut sebagai siswa kelas satu sekolah menengah pertama.

●        Dalam hal budaya pengajaran, tugas individu menghabiskan sebagian besar waktu belajar. Jarang sekali siswa bekerja dalam kelompok atau berdiskusi.

●        Seragam adalah wajib di semua sekolah menengah pertama dan menengah atas.

●        Siswa tinggal di ruangan yang sama sepanjang hari, sementara guru adalah orang yang berpindah dari satu kelas ke kelas lainnya.

●        Anak-anak menghabiskan sebagian besar waktu mereka di sekolah, jadi tidak mengherankan jika ruang kelas diperlakukan seperti rumah. Para siswa membersihkan ruangan mereka baik sebelum atau sesudah kelas. Ada juga kebijakan tanpa sepatu yang ketat dan sebagian besar anak-anak memakai sandal atau sepatu dalam.

●        Membolos sangat jarang terjadi di Korea. Siswa yang ingin menunjukkan sisi pemberontakan mereka, cenderung hanya menggunakan ponsel pintar mereka selama kelas berlangsung.

●        Hukuman fisik secara resmi dilarang di sekolah-sekolah Korea pada tahun 2011. Namun, beberapa guru masih mempraktikkannya.

●        Menghadiri sekolah setiap hari Sabtu adalah wajib di beberapa sekolah hingga tahun 2012. Sekarang ini, sekolah tidak diizinkan untuk mengadakan kelas pada akhir pekan. Namun, beberapa sekolah masih melakukannya.

Selain jam sekolah di korea selatan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi