Menjelajah Labuan Bajo, Salah Satu Surga Wisata Alam Indonesia

| 16 Jan 2023 15:04
Menjelajah Labuan Bajo, Salah Satu Surga Wisata Alam Indonesia
Pemandangan di Labuan Bajo, NTT (ntt.bpk.go.id)

ERA.id - Labuan Bajo mendapat perhatian yang lebih akhir-akhir ini, terutama bidang pariwisatanya. Ini dilakukan karena Nusa Tenggara Timur (NTT) dipilih oleh pemerintah untuk menjadi tuan rumah gelaran KTT ASEAN pada Mei 2023.

Menurut Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, pihaknya telah siap untuk menggelar KTT ASEAN. Berbagai keperluan lain sedang dipersiapkan.

"Kita sudah siap semua, dan berbagai persiapan yang lain juga sedang dipersiapkan agar pelaksanaan KTT ASEAN berjalan lancar," terang Josef di Kupang, Senin, 9 Januari 2023.

Dia mengatakan bahwa ada banyal pihak yang meragukan NTT mampu menjadi tuan rumah KTT ASEAN 2023. Meski demikian, tambah Josef, pihaknya akan membuktikan bahwa hal tersebut tidaklah benar.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa lokasi gelaran KTT ASEAN 2023 bukan Kota Labuan Bajo, melainkan di Golo Mori.

Daya Tarik Wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo tidak bisa diabaikan saat ada event internasional digelar di NTT. Keindahan alam—terutama bahari—menjadi daya tarik Labuan Bajo yang tak boleh dilewatkan. Selain itu, Labuan Bajo menjadi gerbang menunju kawasan unik dunia, Pulau Komodo.

Dikutip Era dari Wonderful Indonesia, Labuan Bajo merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat (NTB)—dipisahkan oleh Selat Sape.

Saat ini Labuan Bajo menjadi satu dari lima Destinasi Super Prioritas di Indonesia. Kabar terbaru, hotel di Labuan Bajo akan dikembangkan melalui komitmen investasi Qatar senilai 80 juta dolar AS atau sekitar Rp1.209 triliun.

Komodo (indonesia.go.id)

Ada banyak pemandangan indah dan unik yang bisa didapatkan di Labuan Bajo. Terlebih lagi, Anda perlu melewati wilayah ini untuk bertemu satwa purba yang hanya ada di Indonesia, komodo.

Taman Nasional Komodo menjadi habitat alami dari para kadal raksasa tersebut. Selain itu, Pulau Komodo memiliki panorama yang sangat indah. Datang ke wilayah ini, wisatawan tidak hanya bisa ke Pulau Komodo sebab ada beberapa pulau lain yang menarik untuk disambangi.

Labuan Bajo sendiri disebut salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk menikmati keindahan alam. Beberapa pulau eksotis di film-film atau bahkan di angan-angan bisa Anda temui dan masuki saat berkunjung ke Labuan Bajo.

Selain pemandangan pulau-pulau yang sangat asri dengan formasi artistik, wisatawan bisa menjelajahi alam bawah lautnya yang kaya. Kekayaan hayati bawah laut Labuan Bajo tersimpan dan terjaga dengan baik. Pecinta snorkeling atau diving akan merasa masuk ke surga dunia.

Pecinta fotograsi juga mendapatkan banyak sekali objek indah untuk diabadikan. Beberapa spot yang dinilai strategis untuk berburu pemandangan—terutama sunset—lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Komodo. Beberapa spot tersebut adalah Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia.

Destinasi lain di Labuan Bajo adalah Gua Rangko dengan daya tarik berupa keindahan kolam air asin yang menyejukkan. Petualangan di darat bisa dilakikan di berbagai tempat, salah satunya trekking ke Air Terjun Cunca Wulang.

Untuk mendapatkan pengalaman menarik di atas laut, Anda bisa mencoba live-on-board, tinggal di kapal pinisi selama beberapa hari sembari berlayar mengunjungi pulau-pulau indah. Dalam perjalanan tersebut, Anda juga bisa menyelami keindahan bawah laut Labuan Bajo.

Berbagai pantai indah bisa ditemukan di kawasan Labuan Bajo, salah satu yang unik alah Pantai Merah atau Pink Beach. Pasir di pantai ini berwarna merah muda.

Ada banyak destinasi bahari yang bisa dinikmati di Labuan Bajo. Pemandangan laut biru yang tenang dengan perbukitan di laut akan membuat mata wisatawan termanjakan. Selain itu, Labuan Bajo menawarkan ketenangan batin melalui berbagai jenis wisata alam. 

Rekomendasi