6 Tips Aman Mudik Naik Pesawat untuk Ibu Hamil

| 14 Apr 2023 17:30
6 Tips Aman Mudik Naik Pesawat untuk Ibu Hamil
Ilustrasi ibu hamil (Unsplash)

ERA.id - Pesawat terbang bisa menjadi moda transportasi umum tercepat untuk bepergian jarak jauh. Terlepas dari berbagai macam risiko yang bukan tidak mungkin terjadi, masih ada orang yang beranggapan bahwa bepergian dengan pesawat terbang dapat memberikan bahaya tersendiri bagi ibu hamil dan janinnya.

Dikutip dari pernyataan resmi Batik Air, menggunakan moda transportasi pesawat terbang selagi hamil tidak menjadi masalah. Namun, untuk menghindari risiko yang mungkin membahayakan kehamilan, ada beberapa hal yang harus diketahui dan dipersiapkan ibu hamil sebelum melakukan pemesanan tiket seperti berikut ini.

1. Konsultasi dengan Dokter

Sebelum memesan tiket pesawat, pastikan ibu hamil sudah berkonsultasi dengan dokter. Sebab, ibu hamil harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk naik pesawat, misalnya saat kehamilan memasuki usia pertengahan atau trimester kedua sekitar minggu ke-14 hingga minggu ke-28 atau penghujung trimester ketiga.

Mengapa demikian? Karena pada waktu-waktu tersebut, ibu hamil sudah merasa lebih nyaman dengan kehamilan dan risiko keguguran serta kelahiran prematur juga terbilang rendah.

Sebelum berangkat, ibu hamil sebaiknya melakukan check-up dan update mengenai kondisi kehamilan dengan dokter kandungan, apakah usia kandungan saat ini sudah boleh naik pesawat atau tidak. Lebih baik lagi jika ibu hamil membawa surat keterangan dari dokter kandungan yang memberikan izin terbang saat check-in.

2. Gunakan Outfit yang Nyaman

Tips berikutnya adalah mengenakan pakaian yang nyaman. Sebaiknya, pilih pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat. Sementara itu, untuk alas kakinya, sebaiknya ibu hamil mengenakan sepatu flat atau sepatu kets.

Anda juga bisa juga mengenakan pakaian yang longgar, atau berlayer yang nantinya mudah dilepas bagian outernya jika ibu hamil merasa terlalu panas.

Tak boleh lupa, ibu hamil juga harus memakai dan mengencangkan sabuk pengaman pada bagian bawah perut selama berada dalam pesawat. Tujuannya tentu saja untuk memastikan keselamatan ibu hamil tetap terjaga selama penerbangan.

3. Membawa Air Putih

Tips ketiga adalah pastikan Anda mengonsumsi banyak air putih selama perjalanan agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Biasanya saat sedang hamil, tubuh akan membutuhkan lebih banyak air. Jika asupan cairan tidak terpenuhi, maka dapat berakibat buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Jadi, sebelum berangkat pastikan ibu hamil selalu menyediakan air mineral di dalam tas. Selain itu, Anda hindari bepergian naik pesawat saat kehamilan telah menginjak usia melahirkan. Pasalnya, bepergian pada usia kehamilan tersebut dapat melelahkan dan membuat tubuh tidak nyaman.

4. Pilih Tempat Duduk yang Aman dan Nyaman di Pesawat

Berikutnya, pilih tempat duduk yang tepat selama berada dalam pesawat, misalnya saja ini memilih kursi yang dekat dengan bagian sayap pesawat. Ini karena dudukan di area sayap tidak akan membuat tubuh ibu hamil merasa tertekan saat pesawat menambah ketinggian. Selain itu, sirkulasi udara pada are ini juga sangat aman untuk ibu hamil dan janin.

Buatlah posisi tubuh senyaman mungkin sepanjang penerbangan. Biasanya, terbangi  ketika hamil sering menimbulkan risiko seperti kaki kram, varises, hingga kaki bengkak. Ibu hamil bisa membawa alas untuk tumit kaki yang membuat kaki bisa lurus dan tidak mudah lelah.

Selain itu, ibu hamil juga dapat memilih tempat yang dekat dengan toilet yang nantinya akan berguna jika perlu mondar-mandir ke toilet untuk buang air kecil selama perjalanan.

5. Pastikan Jadwal Penerbangan dapat Di-reschedule

Tidak boleh dilewatkan, pastikan jadwal penerbangan memungkinkan untuk diubah atau reschedule. Jika memesan tiket pesawat melalui Traveloka, Anda bisa dengan mudah melakukan perubahan jadwal penerbangan melalui fitur Easy Reschedule Traveloka. Bukan tanpa alasan, bisa saja ada kondisi tertentu yang mengharuskan perubahan waktu keberangkatan karena kondisi darurat.

6. Datang Lebih Awal

Agar tidak terburu-buru, ibu hamil disarankan untuk datang lebih awal. Selain itu, datang lebih awal, Anda akan terhindari dari risiko ketinggalan pesawat yang nantinya bisa berdampak pada anggaran perjalanan karena harus membeli tiket baru.

Demikian beberapa tips aman mudik naik pesawat untuk ibu hamil yang bisa Anda ikuti sehingga perjalanan ke kampung halaman tetap nyaman dan tidak berisiko untuk janin yang sedang berada dalam kandungan.

Pemesanan tiket bisa dilakukan lewat aplikasi. Seperti Traveloka yang membuat pemesanan tiket pesawat jadi lebih praktis, mudah, cepat, dan pastinya banyak promo menarik.

Rekomendasi