Inilah Waktu Terbaik Liburan ke Bromo, Siapkan Diri dan Atur Jadwalmu

| 04 Nov 2023 20:05
Inilah Waktu Terbaik Liburan ke Bromo, Siapkan Diri dan Atur Jadwalmu
Wisatawan di Bromo (RRI)

ERA.id - Salah satu destinasi wisata yang menarik dikunjungi di Jawa Timur adalah Gunung Bromo. Gunung yang masih aktif ini punya pesona alam yang sangat indah. Pengunjung hanya perlu tahu waktu terbaik liburan ke Bromo agar mendapatkan pesona maksimal.

Ada banyak daya tarik yang ditawarkan Gunung Bromo. Selain suhu yang dingin, pemandangan di bibir kawah sangat indah. Anda juga bisa mengambil berbagai foto cantik di Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, Padang Savana, Pura Luhur Poten, dan Penanjakan.

Menjelajahi Bromo dengan jip (RRI)

Perkiraan Waktu Terbaik Liburan ke Bromo

1. Low season

Low season adalah salah satu waktu terbaik untuk berkunjung ke Gunung Bromo. Maksud dari low season adalah masa-masa tempat wisata tidak terlalu ramai pengunjung, seperti pertengahan Januari hingga April dan September hingga Desember.

Anda bisa mendapatkan berbagai akomodasi dengan lebih mudah, seperti mobil jip dan penginapan. Selain itu, harganya pun bisa lebih murah dibandingkan saat musim liburan. Yang perlu diperhatikan kemudian adalah musim. Jika Anda datang pada low season akhir tahun, ada peluang hujan turun sewaktu-waktu.

2. Musim kemarau

Berkaitan dengan musim, Anda disarankan untuk datang ke Bromo saat musim kemarau, misalnya Juli—Agustus. Ini tidak masuk dalam low seawong sehingga ada potensi wisatawan banyak. Namun, pada bulan-bulan ini cuaca cenderung cerah dan kondusif.

Dengan cuaca yang cerah, Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit atau sunrise, melihat milky way saat malam, dan menjelajahi savana atau Bukit Teletubbies dengan tenang tanpa takut kehujanan.

3. Saat festival seni dan budaya

Kawasan Bromo juga kerap jadi tempat diselenggarakannya berbagai festival budaya, misalnya Eksotika Bromo Festival dan Jazz Gunung Bromo. Eksotika Bromo Festival adalah festival budaya yang menampilkan berbagai kesenian tradisional, terutama Jawa Timur.

Acara ini biasanya digelar di Lautan Pasir Bromo. Selain melihat pemandangan alam yang indah, Anda juga bisa mengabadikan momen dan keindahan instalasi seni dan beragam pertunjukan budaya.

Sementara, Jazz Gunung Bromo merupakan festival musik jaz etnik. Acara bertaraf internasional ini menyuguhkan panggung terbuka pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Di sana Anda tidak hanya akan menikmati musik yang dimainkan oleh musisi dalam negeri, tapi juga musisi-musisi mancanegara.

Untuk diketahui, tahun ini Jazz Gunung Bromo akan diadakan pada 21—22 Juli di Amfiteater Terbuka Bromo, Jiwa Jawa Resort Bromo, Probolinggo. Berhubung sudah berlalu, Anda bisa mendapatkan momen Jazz Gunung Bromo tahun depan dengan mencari tahun informasi sedini mungkin dan membuat jadwal keberangkatan.

Itulah berbagai informasi soal waktu terbaik liburan ke Bromo. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi