Taman Safari Bali Kenalkan Varuna, Kulineran Sambil Nonton Pertunjukan Teatrikal Bawah Air Pertama di Indonesia

| 26 Feb 2024 11:14
Taman Safari Bali Kenalkan Varuna, Kulineran Sambil Nonton Pertunjukan Teatrikal Bawah Air Pertama di Indonesia
Pertunjukan bawah air pertama di Indonesia di Varuna Bali (dok. Taman Safari Bali)

ERA.id - Taman Safari Bali atraksi teranyar bagi pengunjung yakni Varuna, yang merupakan pertunjukan teatrikal bawah air pertama di Indonesia.

Melalui ini, pengunjung yang datang ke Varuna akan dibawa dalam sebuah perjalanan imersif yang memadukan kisah menarik, pertunjukan air yang memukau, dan hidangan lezat dalam satu atmosfer eksotis ala Taman Safari. 

Alexander Zulkarnain, Vice President Media Event & Digital Taman Safari Indonesia mengatakan, Varuna bukan hanya tentang pertunjukan, ini adalah manifestasi dari kreativitas dan komitmen Taman Safari Bali dalam menyuguhkan pengalaman menarik bagi pengunjung dari berbagai penjuru dunia. 

“Bali merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia karena keindahan lautnya, pada tahun 2023 saja sudah lebih dari 4,5 juta wisatawan yang datang ke Bali. Maka dari itu, kami ingin mengemas keindahan bawah laut Bali lewat Varuna yang menawarkan pengalaman bersantap sambil menyaksikan pertunjukan teatrikal bawah air pertama di Indonesia bagi wisatawan domestik dan mancanegara,” tutur Alexander dalam keterangan pers kepada Era.id. 

Area yang satu ini berlokasi di Taman Safari Bali, yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Taman ini memiliki luas sekitar 50 hektar dan menampung lebih dari 2.500 hewan dari berbagai belahan dunia. 

Para tamu yang datang diajak untuk merasakan sebuah petualangan sensorik, dengan menyantap hidangan lezat sambil menyaksikan pertunjukan yang memesona. 

Narasi Varuna juga digambarkan secara apik melalui perpaduan menawan antara animasi potongan kertas, pedalangan, dan pertunjukan yang memikat dari Penasihat Teknikal kenamaan dunia Peter Wilson.

Pertunjukan bawah air Varuna Bali
Pertunjukan bawah air di Varuna Bali (dok. Taman Safari Bali)

Sebagai pertunjukan kelas dunia, Varuna mengintegrasikan upaya keberlanjutan dan konservasi kehidupan laut dalam seluruh pertunjukannya dalam sebuah panggung seluas 122 meter persegi. Di mana teknologi dan pertunjukan yang ditampilkan selalu terlebih dahulu memperhatikan keadaan serta kelestarian satwa di sekitarnya.

“Melalui Varuna, kami menawarkan pengalaman dengan atraksi berkelas internasional memadukan pertunjukan bawah air dengan mermaid, teatrikal berpadu dengan kearifan lokal yang akan menarik wisatawan dalam dan luar negeri."

"Kehadirannya juga memberikan nilai tambah bagi pariwisata Bali sehingga menarik perhatian dunia internasional, sebuah destinasi atraksi wisata yang menarik kunjungan wisatawan asing ke Bali yang tahun ini ditargetkan sebanyak 7 juta orang dan sekaligus menjadi simbol bahwa Indonesia bisa memiliki atraksi wisata dipadu dengan pengalaman gastronomi berkelas dunia," tambah Alex.

Integrasi seni dan budaya

Pertunjukan bawah air Varuna Bali
Pertunjukan bawah air di Varuna Bali (dok. Taman Safari Bali)

Berbagai pertunjukan yang ada di atraksi wisata ini diperkaya dengan kekayaan budaya Bali melalui kerja sama dengan seniman lokal dan internasional terkemuka. 

"Kami telah bekerja sama dengan beberapa seniman ternama di Bali untuk membawa nuansa Bali yang telah terkenal di dunia, sehingga harapan kami Varuna dapat menjadi tolak ukur pertunjukan kelas dunia di Indonesia,” tambah Hans Manansang Direktur Marketing Taman Safari Indonesia Group.

The Exciting Marine Bali akan menjadi kompleks wisata bawah air kelas internasional sehingga bisa menarik wisatawan mancanegara dan menjadi atraksi wisata yang ditunggu sekaligus tempat edukasi marine life. 

“Kehadiran Varuna diharapkan dapat menjadi kick-off yang baik sebelum pembukaan The Exciting Marine Safari Bali di tahun 2024 nanti dan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Taman Safari Bali.” ujar Hans.

Rekomendasi