Tips Mudik Membawa Bayi yang Perlu Dipahami

| 08 Apr 2024 18:30
Tips Mudik Membawa Bayi yang Perlu Dipahami
Ilustrasi mudik. (Istimewa)

ERA.id - Biasanya mudik di bulan Ramadan dilakukan dengan memanfaatkan berbagai moda transportasi, misalnya kapal laut, kereta, pesawat terbang, bus, atau bahkan kendaraan pribadi. Nah, pada saat mudik, mungkin sebagian besar dari Anda akan membawa serta anak dan istri.

Namun, bagaimana jika Anda memiliki bayi yang usianya berada di bawah 3 tahun dan harus dibawa mudik? Nah, simak tips mudik membawa bayi di bawah ini.

Tips Mudik Membawa Bayi

Persiapan mudik saat membawa bayi tentunya harus Anda pahami dengan baik. Ada banyak perlengkapan bayi yang perlu Anda bawa dan siapkan. Apalagi, bayi dapat merasa tidak nyaman saat dibawa dalam perjalanan cukup panjang.

Lakukan hal ini agar bayi bisa duduk dengan tenang dan nyaman selaman perjalanan:

Tips mudik membawa bayi (Gambar ASFotofamily-Freepik)

Pastikan anak sehat dan siapkan P3K

Jika Anda mudik dengan membawa bayi, Anda harus memastikan kesehatan si kecil sebelum mengawali perjalanan. Jika anak tidak sedang dalam kondisi sehat, sebaiknya memaksakan diri untuk tetap mudik.

Anda bisa terlebih dahulu membawanya ke dokter untuk memastikan kesehatannya, sekaligus meminta daftar vitamin dan obat-obatan yang harus dibawa dalam perjalanan. Dengan demikian, Anda bisa melakukan antisipasi jika anak tiba-tiba kurang sehat.

Selain itu, Anda juga membawa termometer suhu tubuh sebab bisa saja bayi demam karena kelelahan.

Sediakan selimut dan baju hangat

Saat perjalanan jauh, bayi bisa saja merasa kedinginan. Hal ini juga tidak baik untuk kesehatannya.

Maka, pastikan Anda selalu membawa selimut dan baju hangat, yang bisa ia kenakan saat suhu dalam mobil terlalu dingin. Pilih selimut bayi yang lembut agar nyaman di kulitnya.

Siapkan perlengkapan bayi

Anda juga perlu menyediakan semua perlengkapan bayi. Masukkan di dalam satu tas khusus yang berisi popok, botol susu, kantung plastik kecil, tisu kering dan basah, popok bayi, krim gatal, alas popok, dot, dan mainan bayi.

Hal ini perlu dilakukan agar ketika si kecil buang air besar, muntah, atau buang air kecil, Anda tetap bisa menjaga kebersihan tubuhnya.

Bagilah semua perlengkapan tersebut ke dalam dua tas. Pada tas pertama, isilah barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan saat perjalanan. Adapun tas kedua, Anda bisa memasukkan benda-benda darurat yang akan berguna bagi si kecil.

Bawa stok pakaian nyaman

Pakaian bayi yang tidak nyaman juga dapat membuatnya menangis. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat membuat tubuh bayi mengalami kemerahan dan terasa gatal.

Oleh karena itu, Anda perlu mengenakan pakaian yang nyaman dan lembut untuknya. Pastikan bahan pakaian tersebut juga sejuk sehingga si kecil tidak merasakan hawa panas dan gelisah. Dengan demikian, Anda dapat lebih tenang saat mudik membawa bayi.

Gunakan baby car seat

Pada umumnya, mudik menggunakan mobil akan menghabiskan waktu yang cukup lama, bahkan akan lebih dari 5 jam perjalanan. Tentunya Anda akan menghabiskan banyak tenaga karena menggendong bayi selama perjalanan.

Oleh karena itu, pastikan Anda menyediakan tempat duduk khusus untuk si kecil dengan menggunakan baby car seat. Pilih baby car seat berkualitas, yang mempunyai dudukan empuk dan berbagai fitur keamanan agar si kecil tidak rewel dan tetap nyaman.

Sediakan mainan saat mudik membawa bayi

Bayi cenderung akan menangis dan rewel saat merasa bosan. Nah, Anda perlu menghiburnya dan mengajak si kecil bermain dengan mainan-mainan yang ia sukai.

Bawalah setidaknya 3-5 jenis mainan yang berbeda. Namun, berikan kepadanya satu per satu selama di perjalanan. Sehingga, saat mereka sudah bosan, Anda dapat menggantinya dengan mainan lain. Hal ini akan meminimalisir kerewelan mereka saat mudik menggunakan mobil.

Demikianlah ulasan tentang tips mudik membawa bayi, semoga informasi ini membantu!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi