Tips Packing untuk Mudik, Bikin Hemat Ruang dan Pakaian Anti Kusut

| 04 Apr 2024 11:45
Tips Packing untuk Mudik, Bikin Hemat Ruang dan Pakaian Anti Kusut
Tips packing mudik (Pexel/Vlada Karpovich)

ERA.id - Mudik merupakan kegiatan yang setiap tahun dilakukan oleh masyarakat Indonesia, termasuk menjelang Idulfitri. Ketika mudik, jangan sampai membawa koper terlalu banyak hingga membuat tidak nyaman saat di perjalanan. 

Berikut beberapa tips packing untuk mudik yang bisa dilakukan agar hemat ruang pada tas atau koper dan bikin pakaian tidak kusut, dilansir dari Conde Nast Traveler

1. Buat daftar barang yang akan dibawa

Menuliskan daftar barang apa saja yang dibutuhkan selama mudik dan harus dibawa bisa membuat proses packing menjadi lebih mudah. Daftar catatan tersebut bisa membuat Anda mengetahui prioritas barang, sehingga mencegah membawa barang berlebihan. 

2. Pilih tas atau koper yang tepat

Ketika mudik, pilihlah koper atau tas yang akan digunakan untuk barang dengan baik. Semakin besar koper, bukan berarti semakin banyak ruang untuk membawa barang.  

Koper besar bisa saja memakan ruang, terlebih pada kendaraan ketika mudik. Oleh sebab itu, sesuaikan koper atau tas dengan barang yang akan dibawa agar lebih efisien. 

3. Sesuaikan lama mudik dengan jumlah pakaian

Cara packing yang efisien dan hemat ruang ketika mudik juga dapat dilakukan dengan menyesuaikan barang bawaan dengan durasi mudik. Hitunglah jumlah kebutuhan pakaian selama mudik, agar barang bawaan tidak berlebihan dan merepotkan Anda. 

4. Pakaian digulung, jangan dilipat

Ketika memasukkan pakaian ke dalam tas atau koper, jangan melipatnya. Trik untuk menghemat ruang pada koper atau tas adalah dengan menggulung pakaian ketika memasukkannya.  

Menggulung pakaian membuat koper atau tas tampak lebih rapi dan tertata. Ini juga membuat pakaian kamu tidak akan kusut dan mudah ditemukan ketika ingin memakainya. 

5. Bawa pakaian yang bisa dipadupadankan

Tips packing mudik lainnya agar hemat ruang dan tidak memberatkan ketika perjalan adalah membawa pakaian yang bisa dipadupadankan. Bawalah pakaian yang bisa Anda pakai di beberapa kesempatan dan memadukannya dengan item lain untuk membuat penampilan baru. 

Konsep ini mencegah Anda membawa pakaian banyak dan berbeda untuk digunakan di berbagai kesempatan ketika mudik. Cara ini juga membuat packing lebih efisien dan tidak menyulitkan ketika pulang mudik nantinya.

Rekomendasi