Viral Cerita Penumpang Lion Air, Kopernya Dibongkar dan Uang Tunai Diambil Petugas

| 08 Apr 2024 14:13
Viral Cerita Penumpang Lion Air, Kopernya Dibongkar dan Uang Tunai Diambil Petugas
Ilustrasi cerita penumpang Lion Air yang kopernya dibongkar, uangnya diambil petugas (Twitter/ @psychedilac)

ERA.id - Kejadian tak menyenangkan kembali menyeret nama maskapai Lion Air. Baru-baru ini, pengguna X (Twitter) dengan akun @psychedilac mengungkapkan pengalamannya.

Ia mengaku kopernya yang diletakkan di bagasi pesawat dibongkar petugas darat dan uang tunai di dalamnya diambil.

"CREW LION AIR BONGKAR KOPER DAN AMBIL UANG TUNAI DI DALAM KOPER SAYA," tulis akun tersebut sambil menyertakan boarding pass pesawat yang ia naiki.

Pemilik akun itu melakukan perjalanan dari Jakarta ke Banjarmasin. Ketika tiba di Banjarmasin dan membuka koper, ia tak menyangka uang yang ia simpan di dalam amplop untuk THR sebagian besar hilang.

"Sampai Banjarmasin sekitar jam 9.40an dan aku kaget bgt waktu buka koper ternyata uang thrku di dalam amplop coklat hilang," tuturnya.

Uang yang diambil merupakan pecahan besar, yakni uang pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu. Uang tunai yang tersisa hanya tinggal 4 amplop yang berisi Rp30 ribuan.

"Crew LION AIR ini sempet2nya bukain satu2 dan mereka ambil yg nominalnya 100rb dan 50rban dan nyisain aku 4 amplop isinya 30rban," katanya.

Pemilik akun mengakui bahwa ia salah karena tidak mengunci kopernya terlebih dahulu sebelum menyerahkan untuk diletakkan di bagasi pesawat. Ia juga mengaku baru mengetahui bahwa uang tunai sebaiknya tidak disimpan di koper bagasi.

Meski mengakui kesalahannya, penumpang juga tidak membenarkan tindakan petugas Lion Air yang membongkar koper tanpa izin, terkhususnya petugas yang mengurusi bagian bagasi pesawat.  

Selain itu, pemilik akun juga mengatakan, ia sudah melaporkan kejadian ini ke pihak Angkasa Pura. Namun, mengenai bagasi sudah menjadi tanggung jawab maskapai, sehingga ia berani mengungkap hal ini ke publik dan mneyebut nama Lion Air yang memang seharusnya bertanggung jawab.

"Alasan aku dari awal tag dan menyebutkan dengan gamblang Lion Air, karna sebelumnya sudah konfirmasi dengan pihak Angkasa Pura jika bagasi milik penumpang merupakan tanggung jawab maskapai," pungkasnya sambil menyertakan bukti pesan teks dengan pihak Angkasa Pura.

Tanggapan pihak Lion Air

Update kasus Lion Air

Setelah membuat laporan di customer service, pihak maskapai pun menanggapi keluhan yang disebutkan oleh pemilik akun @psychedilac

Pihak maskapai menyebutkan, korban yang merasa dirugikan diimbau untuk membuat laporan di kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kemudian untuk kasus hingga pelaku ground crew (petugas darat) yang diduga melakukan aksi tersebut akan ditindak lanjuti secara internal.

"Kami sangat menyarankan Anda dapat membuat laporan kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut, di samping laporan Anda tetap kami tindak lanjuti kedua station (CGK & BDJ) untuk investigasi internal," tertulis dalam jawaban pihak Lion Air.

Rekomendasi