Puncak Libur Lebaran, Kebun Binatang Surabaya Capai 19 Ribu Pengunjung

| 14 Apr 2024 21:35
Puncak Libur Lebaran, Kebun Binatang Surabaya Capai 19 Ribu Pengunjung
Kepadatan pengunjung di Kebun Binatang Surabaya (EEA.is/ Puan Ramadhan).

ERA.id - Kebun Binatang Surabaya (KBS) ramai dipadati pengunjung selama momen libur panjang lebaran 2024.

Tercatat, sebanyak 19 ribu orang yang datang di Hari Puncak Liburan, pada Minggu (14/4/2024).

Kepala Seksi Humas KBS, Lintang Ratri Sunarwidhi mengatakan sejak Sabtu, kemarin, (13/4) hingga Minggu, hari ini, (15/4) jumlahnya pengunjungnya sama pada Puncak Hari Liburan ini.

“19.000 (pengunjung) hari ini sama dengan kemarin,” kata Lintang, kepada ERA.id.

Lintang menjelaskan, jumlah pengunjung 19 ribu orang paling tertinggi pada momen libur panjang lebaran ini. Ia menyebut, banyak warga Surabaya yang mendominasi mendatangi KBS.

Kepadatan pengunjung Kebun Binatang Surabaya
Kepadatan pengunjung Kebun Binatang Surabaya (ERA.id/ Puan Ramadhan)

“Kayaknya ada pergeseran mulai Senin depan untuk yang luar kota, karena beberapa waktu ini banyak plat L yang masuk. Ada sekitar 70 persenan di dominasi warga Surabaya.,” jelasnya.

Meski begitu, pada Puncak pengunjung tahun ini, kata Lintang, berbeda dengan tahun sebelumnya. Lantaran, kondisi cuaca tidak mendukung yang membuat pengunjung enggan ke KBS.

“Prediksi hari ini untuk puncak kunjungannya. Bedanya dengan tahun lalu, tahun ini sering hujan itu yang juga bikin pengunjung ragu-ragu kalau mau ke KBS,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Lintang menyampaikan untuk menarik pengunjung lebih banyak lagi, pihaknya memperpanjang event berbagai acara hingga 21 April 2024 nanti .

“Bisa saja pengunjung berpikir karena waktunya masih panjang jadinya berkunjung nanti-nanti saja. Iya ada event kartinian di 21 April,” tuturnya.

“Kita eventnya biasanya 9-10 hari nah puncaknya ada di tengah-tengah lebaran itu biasanya. Tapi ini kan kita sampai 21, jadi dugaan kita puncaknya di hari ini. Tapi kita kan tidak bisa memprediksi pengunjung secara pasti,” lanjutnya.

Terlebih lagi, diketahui libur Aparatur Sipil Negara (ASN) juga diperpanjang. Sehingga, KBS memprediksi tidak menutup kemungkinan ada kenaikan jumlah pengunjung KBS.

“ASN kan ada WFH jadi libur mereka masih panjang. Kita yakin ada kenaikan dari tahun lalu karena libur yang panjang,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, selama momen libur panjang lebaran ini. KBS juga ada penambahan wahana baru. Seperti gedung time Unta, Talk With Us kepada sejumlah satwa. 

“Kita sampaikan juga kepada mereka untuk tetap jaga jarak dengan satwa. Kita berharap nya kebun binatang selalu ramai tidak hanya saat event lebaran saja. Kita juga siapkan hewan baru seperti merak dan buaya siam,” pungkasnya.

Rekomendasi