Sering Dijuluki Negara Paling Bahagia di Dunia, Ini 5 Fakta soal Finlandia yang Jarang Terungkap

| 25 Jul 2024 19:15
Sering Dijuluki Negara Paling Bahagia di Dunia, Ini 5 Fakta soal Finlandia yang Jarang Terungkap
Ilustrasi warga Finlandia (Unsplash)

ERA.id - Finlandia sering dijuluki sebagai negara paling bahagia di dunia. Tetapi, negara ini memiliki punya banyak unik dan menarik.

Menurut laporan World Happiness Report 2024, Finlandia menduduki daftar 10 besar negara paling bahagia bersama empat negara Nordik lainnya, seperti Islandia, Denmark, Swedia dan Norwegia.

Fakta Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia

Finlandia dikenal tahan menghadapi musim dingin yang ekstrem, sering minum banyak kopi, dan punya rasa pesimis. Finlandia juga dikenal dengan sauna dan negara kesejahteraan yang kuat. Finlandia memiliki beberapa tradisi dan norma sosial yang tidak biasa.

Berikut 5 fakta yang jarang diketahui tentang negara Finlandia, seperti dilansir dari laman Business Insider.

1. Denda kalau kebut-kebutan di jalan disesuaikan pada penghasilan 

Di Finlandia, denda ngebut didasarkan pada berapa banyak uang yang dihasilkan penduduk, bersama dengan seberapa cepat mereka mengemudi. Negara ini memiliki sistem "denda hari", yang dihitung dari pendapatan sehari-hari pelaku dan seberapa jauh melampaui batas kecepatan yang mereka tuju.

Sistem ini telah menyebabkan beberapa denda yang menggiurkan. Awal tahun ini, seorang multijutawan Finlandia didenda €121.000, atau $129.400 setara Rp2,1 miliar rupiah, karena melampaui batas kecepatan.

2. Banyak banget tempat sauna

Situs wisata Visit Finland memperkirakan ada tiga juta sauna di Finlandia. Di sana, sauna seolah sudah menjadi bagian dari budaya kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Kamu dapat menemukan tempat sauna di blok apartemen, rumah, restoran, dan bahkan gedung pemerintah.

Finlandia
 Freepik/Paul Theodor Oja

3. Pemerintah Finlandia memberi semua keluarga baru sebuah "kotak bayi"

Paket bersalin Finlandia, dikenal sebagai äitiyspakkaus atau sebagai "kotak bayi", yang merupakan kit dikirim oleh pemerintah untuk orang tua dari anak-anak yang baru lahir.

Kotak itu berisi barang-barang penting seperti pakaian, popok, dan produk mandi, antara lain. Kotak itu sendiri dilengkapi dengan kasur kecil dan seprai sehingga  berfungsi ganda sebagai tempat yang aman bagi bayi yang baru lahir untuk tidur.

Kotak-kotak itu telah terbukti populer di negara lain, termasuk AS. Namun, tidak seperti di Finlandia, orang tua AS harus membayar untuk kotak itu.

4. Olahraga 'Menggendong Istri'

Negara ini adalah rumah bagi olahraga yang disebut "menggendong istri". Menggendong istri sekarang menjadi olahraga internasional, tetapi kejuaraan dunia masih diadakan di Sonkajärvi, Finlandia.

Olahraga ini melibatkan pasangan, yang mana suami menggendong istri dipunggung untuk menyelesaikan rintangan. Peraturan telah berkembang sedikit selama bertahun-tahun dan pesaing tidak harus membawa pasangan yang sebenarnya.

Namun, "istri" harus berusia minimal 17 tahun dan berat minimal 49 kilogram. Jika pasangan wanita lebih ringan, petugas akan membebaninya dengan ransel.

5. Warga Finlandia kebiasaan minum hanya mengenakan celana dalam di rumah

Orang Finlandia punya kebiasaan unik yang dinamakqn Kalsarikännit. Istilah itu jika diterjemahkan yakni minum di rumah seorang diri dengan hanya mengenakan pakaian dalam.

Selain itu, negara ini juga memiliki kata-kata yang sulit diterjemahkan seperti vahingonilo, yang berarti menikmati kemalangan orang lain yang termasuk sebagai tekad stoik atau keuletan tujuan.

Rekomendasi