5 Fakta Unik Sake, Minuman Beralkohol Khas Jepang yang Mengandung Banyak Manfaat

| 11 Apr 2021 09:05
5 Fakta Unik Sake, Minuman Beralkohol Khas Jepang yang Mengandung Banyak Manfaat
Sake, minuman beralkohol Jepang (dOK.japanvisittor.com)

ERA.id - Sake merupakan minuman beralkohol khas Jepang, yang terbuat dari beras. Minuman yang juga dijuluki wine beras dari Jepang ini juga sudah populer di dunia.

Kepopuleran sake ini tidak lepas dari rasanya yang khas dan berbagai fakta unik di dalamnya. Fakta unik apa saja yang ada pada sake? Berikut ulasannya yang harus kamu tahu, dilansir dari Mentalfloss.com.

1. Pembuatannya rumit dan melibatkan banyak orang

Pembuatan sake melalui beberapa tahap yang harus dilakukan dengan benar untuk menghasilkan kualitas sake yang nikmat. Tahap pertama adalah memoles beras yang akan digunakan. Pemolesan beras ini harus dilakukan karena rasa dari bagian luar beras dianggap mengganggu hasil akhir sake nantinya.

Semakin halus beras yang digunakan, rasa yang dihasilkan akan lebih nikmat dan harganya juga menjadi lebih tinggi. Setelah dipoles, beras akan diberi air, lalu direbus dan ditambah beberapa bahan fermentasi.

(Dok. sakeculture.com)

Proses pembuatan sake biasanya dilakukan dari bulan Oktober sampai bulan April. Dalam pembuatannya melibatkan banyak orang yang berkumpul di pabrik, untuk memastikan proses pembuatan sake lancar dan menghasilkan sake dengan kualitas tinggi.

2. Proses fermentasi menggunakan ludah

Pada zaman dulu, sebelum masyarakat Jepang mengetahui akan bahan - bahan untuk melakukan fermentasi, ludah digunakan sebagai penggantinya. Pembuatannya dilakukan dengan beras dikunyah, lalu diletakkan ke dalam satu wadah.

Enzim yang dihasilkan oleh ludah bisa membuat beras terfermentasi dan menghasilkan rasa manis dan asam. Namun cara pembuatan sake seperti ini sudah jarang dilakukan saat ini, meskipun ada beberapa daerah tetap melakukannya karena dianggap sebagai tradisi.

(Dok. tripadvisor.com)

3. Pembuat sake disebut sake master

Seseorang yang membuat sake dijuluki sebagai sake master. Bagi para pembuat sake, jenis beras yang digunakan akan menentukan bagaimana kualitas sake yang dihasilkan. Semakin tinggi kualitas sake yang dihasilkan, maka seorang sake master akan semakin dihormati dan dihargai. 

Tugas dari seorang sake master tidak hanya membuat dan memperhatikan rasa sake yang dihasilkan. Tetapi juga memantau semua proses pembuatan sake berjalan dengan lancar dan memastikan semua orang yang bekerja untuknya mengerjakan tugas dengan benar.

4. Cara minum sake memiliki tradisi yang mengandung makna

Cara meminum sake memiliki tradisi sendiri dan mengandung makna. Untuk meminum sake, seseorang tidak boleh menuangkan sake dari botol ke dalam gelasnya sendiri. Kamu harus menuangkan sake ke dalam gelas orang lain, begitu juga sebaliknya.

(Dok. matadornetwork.com)

Kamu juga harus menuang sake kembali ke dalam gelas sebelum gelas tersebut kosong. Jika orang lain melayani kamu dalam minum sake, kamu harus mengarahkan gelas ke arahnya dan meminumnya seteguk sebelum meletakkan gelas ke meja. Tradisi ini memiliki makna penghormatan dan persahabatan.

5. Memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Berbeda dengan minuman beralkohol lainnya, sake memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah manfaat untuk kecantikan. Fermentasi beras pada sake menghasilkan enzim asam koji yang mempunyai manfaat untuk mencerahkan dan mengencangkan wajah.

Pemakaian sake sebagai produk kecantikan sudah dilakukan dari zaman dulu di Jepang. Para geisha sering menggunakannya untuk berendam. Berendam dengan sake dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit.

Itulah 5 fakta unik dan menarik dari sake yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu ya.

Rekomendasi