Tampilkan 38 Galeri Seni Rupa, Art Jakarta 2020 Hadir Lewat Virtual

| 19 Oct 2020 20:15
Tampilkan 38 Galeri Seni Rupa, Art Jakarta 2020 Hadir Lewat Virtual
Art Jakarta (Foto: Instagram/@artjakarta)

ERA.id - Penyebaran pandemi COVID-19, membuat banyak museum ditutup sementara. Maka dari itu, Art Jakarta 2020 yang memasuki penyelenggaraan tahun ke-12 tetap mengadakan acara melalui virtual. Acara berlangsung selama 2 bulan dari 19 Oktober hingga 15 Desember 2020.

Ditahun ini, Art Jakarta 2020 terpadu dalam ekosistem seni rupa nasional di Indonesia, bahkan secara regional di Asia Tenggara. Art Jakarta berhasil membuktikan kerjasama dan kebersamaan para pelaku dalam ekosistem seni rupa di Indonesia.

Art Jakarta bangga  mendapatkan dukungan dari galeri-galeri seni rupa di Indonesia dan mancanegara. Art Jakarta Gallery akan menampilkan pameran dari 38 galeri seni rupa. Dimana 27 galeri berasal dari Indonesia, dan 11 galeri dari internasional.

“Inilah yang memberi dorongan kepada kami untuk bersikap optimis dan mencari cara agar hubungan kerjasama dalam ekosistem seni rupa di Indonesia dan Asia Tenggara tetap berlangsung”, ujar Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta lewat konferensi pers via Zoom pada Senin (19/10/2020).

Art Jakarta 2020 (Foto: Gallery and Oppo Art Jakarta  Virtual 2020)

Di tengah segala keterbatasan akibat pandemi, masyarakat dengan cepat beradaptasi dan memanfaatkan berbagai cara untuk menjaga jaringan komunikasi. Selain itu, solidaritas dengan mengandalkan saluran media informasi digital yang terhubung melalui internet.

“Sebagai penyelenggara international art fair, Art Jakarta memiliki jaringan kerjasama yang memungkinkan karya-karya seniman kita tampil ke hadapan publik yang luas. Dengan bantuan teknologi komunikasi digital berbasis internet, Art Jakarta dapat tetap menjalankan peran ini. Inilah alasan terselenggaranya OPPO Art Jakarta Virtual 2020”, jelas Maulana Indraguna Sutowo, CEO MRA Group.

Art Jakarta Virtual 2020 adalah pameran bersama, yang diadakan di ruang virtual. Ini sebagai cara untuk menjaga optimisme bersama, dimana berbagai kerja dan karya seni rupa tetap bermakna di tengah berbagai pembatasan fisik yang ada saat ini.

Art Jakarta menggunakan teknologi digital dan internet untuk tetap dapat berkomunikasi, menjaga dan memperkuat jaringan, melakukan kerja kreatif, serta tetap menikmati karya seni rupa dengan cara yang berbeda.

“Khususnya untuk para seniman Indonesia, yang mengalami berbagai kesulitan di masa pandemi, kami berharap bahwa OPPO Art Jakarta Virtual 2020 dapat menjadi salah satu cara agar karya-karya mereka dapat terus mendapatkan apresiasi yang pantas Jogja dari publik pencinta seni. Kami percaya bahwa semangat para seniman Indonesia untuk terus berkarya adalah hal utama bagi keberlangsungan ekosistem seni rupa kita”, ungkap Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta.

Kita bisa menyaksikan Art Jakarta 2020 lewat virtual dengan menikmati beragam karya seni rupa. Kamu bisa mengunjunginya di www.artjakarta.com.

Rekomendasi