Liburan Imlek, 7 Destinasi Wisata Imlek di Indonesia Ala Negeri Tirai Bambu

Tim Editor

Wisata Imlek (Foto: Instagram/@wisatasemarang)

ERA.id - Momen Imlek adalah salah satu perayaan paling dinanti-nantikan bagi warga Tionghoa. Bukan masyarakat Tionghoa saja yang merayakannya, tetapi banyak juga kalangan yang menikmati perayaan Imlek. 

Untuk merayakan hari raya tahun baru Cina, terdapat berbagai destinasi wisata yang menyajikan nuansa Imlek. Berada di sini, kamu seolah sedang berada di Cina. Berikut Era.id rangkum, 7 destinasi wisata Imlek di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. 

1. Bukit Fathin - Bangka Belitung

Selain jadi tempat sembahyang, Bukit Fathin menjadi ikon wisata religi di Bangka Belitung. Biasanya, destinasi ini banyak dikunjungi saat menjelang perayaan Imlek. Soal pemandangannya jangan ditanya, Bukit Fathin berada di atas ketinggian atau perbukitan membuat kita bisa melihat jelas kawasan kota Sungailiat.

2. Kampung Cina Cibubur

Kampung Cina Cibubur (Foto: Instagram/@jakarta.events)

Wisata Kampung Cina menawarkan wisata perbelanjaan dengan bangunan yang didesain konsep Tionghoa. Destinasi wisata yang berada di Gunung Putri, Bogor ini kebanyakan menjual beragam benda bertema Tionghoa. Sebagai salah satu tempat wisata dengan tema Imlek, Kampung Cina bisa dijadikan tempat untuk berfoto-foto.

3. Pasar Imlek Semawis, Semarang

Pasar Imlek Semawis (Foto: Instagram/@spotsemarang)

Setiap perayaan tahun baru cina, pasar imlek semawis kerap menggelar acara. Pasar yang berada di kawasan Pecinan, Semarang ini terdapat stand kuliner, aksesoris, kostum, kesenian, kuliner hingga mainan khas etnis Tionggia. Pasar bertemakan imlek ini juga menghadirkan berbagai pertunjukkan seperti permainan toya, aksi beladiri khas China seperti wushu, barongsai, hingga pertandingan Xiang Qi.

4. Pasar Baru - Jakarta

Pasar Baru - Jakarta (Foto: Instagram/@vincentius_kuori)

Eksis sejak ratusan tahun lalu, Pasar Baru masih menjadi tujuan utama sebagai destinasi wisata, terutama perayaan Imlek. Selama perayaan Imlek, pengunjung merasakan hiburan keliling Barongsai. Selain itu, penjual akan menjual berbagai dekorasi dan keperluan Imlek. Biasanya, ribuan lampion terpasang rapih menghiasi Kecamatan Sawah Besar, Jakarta.

5. Singkawang

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi rayakan Imlek di luar negeri seperti Tiongkok, kamu cukup datang ke Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Kota yang dijuluki Kota Seribu Kelenteng ini, kamu bisa melihat langsung ornamen, replika serta hiasan lainnya seperti negeri Tionghoa. Salah satu jamuan khas saat Imlek di Singkawang yang tak boleh dilewatkan adalah mi panjang umur. Hidangan ini jadi salah satu makanan wajib yang harus disajikan saat rayakan Imlek di Singkawang bersama keluarga.

6. Petak Sembilan di Jakarta

Petak Sembilan di Jakarta (Foto: Instagram/@vuvu.ramadhani)

Jelang perayaan Imlek, kawasan Petak Sembilan menjadi tempat yang banyak di datangi masyarakat. Ornemen berwarna merah dan emas menghiasi sepanjang Jalan Kemenangan Raya, Glodog, Tamansari, Jakarta. Berjalan menyusuri jalan pasar, terlihat di kiri kanan ruko-ruko yang menjajakan lampion, hio, dupa, jinzhi (uang arwah), baju Imlek cheongsam (pria) dan changshan (wanita). Sampai ujung jalan, ruko menjajakan dupa, kue keranjang, ampolop angpau, hingga menjual berbagai jenis kue, permen dan camilan.

7. Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

Klenteng Sam Poo Kong  (Foto: Instagram/@viollaandrea)

Salah satu destinasi yang terkenal di Semarang adalah Sam Poo Kong. Wisata yang berlokasi di Jalan Simongan Raya No.129 ini menjadi lokasi spot foto yang menarik. Pasalnya, area Sam Poo Kong sangat menarik karena bangunan-bangunan di China. Selain itu, kamu bisa menyewa pakaian khas Chhina yang tersedia dekat loket utama. Terdapat banyak pilihan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Tag: imlek Wisata Imlek imlek 2021 Tahun Baru Imlek 2021 rekomendasi wisata

Bagikan: