Intip Tradisi Unik Perayaan Imlek di Dunia, Kirim Kado Nanas Sampai Melepas Burung Pipit

Tim Editor

Tahun baru Imlek di Singapura (Instagram)

ERA.id - Tahun baru Imlek menjadi salah satu hal yang paling dinanti oleh masyarakat etnik Tionghoa. Berbagai tradisi unik di belahan dunia pun jadi salah satu yang menarik buat dinikmati. 

Tahun Baru Imlek biasanya dirayakan dengan berbagai hal unik dan menarik bareng keluarga. Seperti Natal, perayaan Imlek juga diwarnai dengan pernak-pernik yang tak kalah indah. Bedanya, Imlek didominasi dengan warna merah terang. 

Berikut ini tradisi Imlek yang unik di berbagai belahan dunia yang sudah dirangkum oleh tim Era.id dari berbagai sumber. 

1. Amerika Serikat - Pemilihan Miss Chinatown

Amerika Serikat termasuk salah satu negara yang punya tradisi unik saat perayaan Imlek. Di mana warga atau etnis Tionghoa di sana akan turun ke jalan untuk melihat parade. 

(Instagram)

Pagelaran parade terutama di wilayah San Fransisco ini juga turut dimeriahkan dengan berbagai atraksi, mulai dari barongsai, kembang api, hingga pemilihan Miss Chinatown. 

2. Singapura - Pesta Kuliner

Tak ada yang lengkap rasanya kalau tradisi Imlek tidak menyantap makanan khas yang hanya ada selama Tahun Baru Imlek. Begitu juga dengan Singapura yang punya festival kuliner. 

Pada malam peryaan Imlek biasanya orang-orang berkumpul di Chinatown untuk menikmati festival kuliner. 

Selain itu sepanjang jalan Chinatown juga akan dihiasi dengan lampion, lampu kerlap-kerlip, dan hiasan lainnya yang identik dengan imlek. 

3. Malaysia - Kado Nanas

Salah satu tradisi unik di Malaysia saat Imlek adalah saling bertukar kado. Tetapi yang bikin tambah unik ialah kado yang diberikan yaitu buah nanas. 

Pemilihan buah nanas ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Selain buah nanas, warga Malaysia juga akan bertukar manisan sebagai hadiah. 

4. Australia - Lomba Perahu Naga

Australia juga termasuk ke salah satu negara yang punya tradisi unik selama perayaan Imlek. Di mana akan ada lomba perahu naga di Cockle Bay. 

Perlombaan ini pun secara khusus diadakan untuk meramaikan suasana Tahun Baru Imlek di Australia. 

(Instagram)

Selain itu, bangunan ikonik Sydney Opera House dan Sdyney Harbour Bridge akan dihiasi dengan ornamen khas Imlek. 

5. Indonesia - Lepas Burung Pipit

Tradisi Fang Sheng alias melepas binatang ke alam bebas termasuk salah satu tradisi Imlek yang hadir di Indonesia. Di mana akan ada tradisi melepas burung pipit yang dilakukan di klenteng. 

Itu lah tradisi unik selama perayaan Imlek yang bisa ditemukan di belahan dunia. Tetapi di masa pendemi ini, mungkin nggak ya semua tradisi itu masih bisa dilakukan?

Tag: Tahun Baru Imlek 2021 Tahun baru Imlek imlek tradisi imlek unik

Bagikan: