Efisien, 3 Tips Packing untuk Mudik Ala Ramon Tungka

| 25 Apr 2022 20:35
Efisien, 3 Tips Packing untuk Mudik Ala Ramon Tungka
Ramon Tungka (Instagram)

ERA.id - Mendekati libur Lebaran, pastinya banyak orang yang merencanakan untuk mudik ataupun sekedar melakukan perjalanan ke daerah wisata. Untuk berpergian, salah satu yang harus sangat diperhatikan adalah barang bawaan.

Sering kali perjalanan menjadi kurang nyaman jika barang bawaan tidak disiapkan atau di-packing dengan baik. Untuk itu tak perlu khawatir, berikut tips packing dari Ramon Tungka yang merupakan aktor sekaligus traveler yang bisa kamu ikuti.

1. Observasi

Ramon Tungka mengatakan bahwa sebelum melakukan suatu perjalanan baik mudik ataupun berwisata jauh, perlu dilakukan yang namanya observasi. Dengan melakukan observasi, kita pasti mengetahui apa yang akan dihadapi di tempat tujuan sehingga barang bawaan bisa disesuaikan.

"Pertama hal yang harus dilakukan untuk packing adalah observasi. Observasi itu penting dilakukan untuk melihat kebutuhan kita selama di perjalanan. Observasinya bisa berupa melihat kondisi cuaca, tempat kita travelling, sampai durasi perjalanan sehingga data yang dikumpulkan bisa memastikan berapa banyak kebutuhan dan mencukupkannya dengan barang bawaan kita," kata Ramon Tungka saat ditemui di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Tips packing (Unsplash.com/Anete Lusina)

2. Packing dari atas ke bawah

Saat menyusun barang bawaan untuk mudik, haruslah dilakukan mulai dari atas hingga ke bawah. Ketahui barang apa saja yang diperlukan nantinya mulai kepala seperti topi, kacamata, hingga ke bagian bawah seperti celana dan sepatu.

"Packing itu dimulai dari atas sampai bawah sebetulnya. Packing dulu dari atas apa yang perlu, sampai ke kebutuhan di bawah," katanya.

3. Siapkan kebutuhan lainnya

Selain kebutuhan mendasar, kebutuhan lainnya juga perlu disiapkan. Seperti alat mandi, hingga obat-obatan yang bisa saja diperlukan saat dalam perjalanan atau di tempat tujuan mudik. Menurut Ramon, sebelum mudik milikilah manajemen perjalanan yang baik, sehingga semuanya nyaman dan lancar.

"Lalu perintilan-perintilan lainnya. Misalkan obat-obatan kita bawa, alat mandi juga. Intinya dengan adanya observasi dan manajemen perjalanan itu, kita gampang mengaturnya," pungkasnya.

Nah, itulah beberapa tips packing dari Ramon Tungka yang bisa kamu ikuti. Jadi, kamu bakal mudik ke mana nih?

Rekomendasi