Daftar Festival Akhir Tahun 2024, Konser Musik hingga Event Olahraga

| 21 Jul 2024 19:32
Daftar Festival Akhir Tahun 2024, Konser Musik hingga Event Olahraga
Ilustrasi festival akhir tahun 2024 (Freepik)

ERA.id - Pada tahun 2024 ini, sejumlah festival hiburan menarik digelar di Indonesia. Festival yang bisa dinikmati oleh anak muda maupun orang dewasa terdiri dari beragam bentuk acara, mulai dari konser musik, seni, sport atau olahraga, dan lainnya. 

Beragam festival seru memerihkan tahun ini di setiap bulannya, dari Januari hingga akhir tahun nanti. Setiap bulannya selalu saja ada hiburan menarik yang tidak hanya digelar di Jakarta, namun juga di berbagai daerah di tanah air. 

Tahun ini memang sudah berjalan setengahnya, namun masih ada banyak festival hiburan spektakuler dan asyik yang bakal diselenggarakan hingga penghujung tahun. Ada bebrapa festival akhir tahun yang perlu dicatat bagi Anda yang ingin mencari pengalaman berkesan sekaligus stress release, baik sendiri, bersama pasangan, maupun ramai bareng teman. 

Daftar Festival Akhir Tahun 2024

Berikut ini sejumlah festival menarik di Indonesia beserta jadwalnya yang diadakan di akhir-akhir tahun ini, dari bulan Oktober hingga Desember:

Synchronize Jakarta

Synchronize Fest adalah salah satu festival musik yang paling dinantikan setiap tahunnya. Di event meriah ini, Anda dapat menikmati konser dengan beragam genre musik dari berbagai dekade, mulai dari tahun 60-an hingga sekarang. Anda dijamin tidak akan bosan berjoget dan bernyanyi bersama di Synchronize Fest.

Synchronize Jakarta kali ini akan diadakan pada tanggal 4 - 6 Oktober 2024. Dengan berbagai penyanyi dan aliran musik, Synchronize Jakarta 2024 akan mempersembahkan performer Burgerkill 'Killchestra', Dewi Perssik feat. Aldi Taher, Haddad Alwi feat. Sulis Cinta Rasul & Yasmin, serta POTLOT JAM (Anda Perdana, Anang Hermansyah), dan masih banyak lagi. Nantikan dan pantau terus mendsos Synchronize Jakarta di @synchronizefest untuk mengetahui informasi lengkap.

Ilustrasi festival akhir tahun 2024 (Freepik)

Denpasar Film Festival

Festival ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa banyak sineas muda di Denpasar yang memiliki kualitas film yang baik. Festival ini telah diadakan sejak tahun 2010 dan melibatkan partisipasi dari siswa SMP dan SMA/K se-Kota Denpasar. Diharapkan dapat merangsang kreativitas anak muda Kota Denpasar dalam bidang perfilman.

Nusa Penida Kite Festival 

Festival ini menghidupkan kembali warisan budaya leluhur dalam mengelola wilayah pesisir dengan kearifan lokal, menjaga lingkungan tetap lestari, serta mengembangkan kreativitas seni. Nusa Penida Kite Festival diadakan sebagai wadah bagi para penghobi layang-layang. Acara ini diharapkan dapat menghidupkan kembali pariwisata di Pulau Nusa Penida.

Surabaya Color Run Festival 2024

Salah satu acara olahraga menarik yang diadakan menjelang akhir tahun ini adalah Surabaya Color Run Festival 2024. Acara lari ini akan berlangsung di Plaza Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 6 Oktober mendatang.

Perlombaan lari 5K ini akan diikuti oleh ribuan peserta dengan konsep "Let’s Fun & Run". Para peserta akan disiram dengan bubuk warna-warni untuk memeriahkan acara. Sangat cocok untuk diikuti oleh anak-anak karena minimal usia peserta adalah 3 tahun. Tiket dapat dibeli dengan harga Rp250.000.

Ubud Writers and Readers Festival 

Bagi Anda yang mencintai buku atau literasi, festival tahunan yang rutin diadakan di Bali ini wajib Anda ikuti. Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) mempertemukan penulis, pembaca, dan pelaku industri perbukuan untuk berbagi pengalaman dan wawasan.

Festival sastra di Ubud, Bali ini dimulai pada tahun 2004 dan kini menjadi festival sastra terbesar di Asia Tenggara. Selain menghadirkan ratusan penulis dan seniman dari seluruh dunia, UWRF juga mempromosikan Ubud sebagai pusat kesenian dan budaya.

UWRF akan diadakan pada 24-27 Oktober 2024, dengan pembicara dari Indonesia dan luar negeri seperti Nam Le, Robin Lim, Amitav Ghosh, Bora Chung, Ratih Kumala, Ayu Utami, dan banyak lagi.

Pandawa Beach Festival

Event Pandawa Beach Festival menampilkan pertunjukan seni musik dan tari serta festival rumput laut khas Pantai Pandawa, Bali. Selain itu, ada juga atraksi dan pertunjukan kebudayaan Bali. Lokasi festival ini adalah di Pantai Pandawa.

Demikianlah sejumlah festival akhir tahun 2024 yang ada di Indonesia, mulai dari di Jakarta, Surabaya, hingga Bali. Jangan lupa untuk mencatat tanggal acara seru yang ingin Anda datangi bersama pasangan, rame-rame dengan teman, maupun menikmati waktu sendiri. Baca juga Jazz in The Valley Digelar Agustus.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi