Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah yang Mustajab, Lakukan pada Waktu Berikut

| 02 Aug 2024 22:00
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah yang Mustajab, Lakukan pada Waktu Berikut
Ilustrasi doa setelah membaca surat Al-Waqiah. (Unsplash)

ERA.idDoa setelah membaca surat Al Waqiah merupakan salah satu doa yang dianjurkan bagi kaum muslim untuk diamalkan. Al Waqiah sendiri tergolong surat yang memberikan banyak keutamaan.

Berada pada urutan ke-56 dalam mushaf Al-Qur'an, surat Al Waqiah terdiri dari 96 ayat. Surat ini diturunkan di Makkah sehingga tergolong atau disebut sebagai surat Makkiyah.

Mengutip dari buku Rahasia Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi dan Al-Waqiah untuk Kesuksesan Karier susunan Ustaz Ramadhan, surah Al Waqiah juga diyakini sebagai penarik rezeki. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

"Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka orang itu akan jauh dari kefakiran selamanya." (Sa'd al-Mufti mengatakan hadits ini shahih)

Ilustrasi doa setelah membaca surat Al-Waqiah. (Foto: Pixabay/derudyarra)

Doa setelah Membaca Surat Al Waqiah

Masih dikutip pada sumber yang sama, ada doa yang bisa dipanjatkan setelah Anda membaca surat Al Waqiah. Doa tersebut dinukil dari kitab Khulashoh Nabawiy:

“Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta'thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a'tho na wa nubtala bi zammi man mana ana wa anta min wara-i zalika kulihi ahlul 'atho-i wal man-'i. Allahumma kama shunta wujuhana 'anis sujudi illa laka fa shunna 'anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamarrohimin aghninaa bifadhlika amman siwaaka wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.”

Artinya: "Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapapun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan."

Setelah selesai memanjatkan doa di atas, disarankan untuk melanjutkan dengan doa lainnya. Berikut bacaannya:

“Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi'ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Alloh yaa robbal 'aalamiin.”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Waqiah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezeki ku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk-Mu, ya Allah, ya robbal 'alamin."

Kapan Waktu yang Tepat Membaca Surat Al Waqiah?

Dalam kitab Al-Adzkar yang dikarang oleh Imam Nawawi dan diterjemahkan Ulin Nuha, waktu yang tepat membaca surat Al Waqiah adalah setiap malam. Menurut hadits Ibnu Sunni, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah pada setiap malam hari, niscaya ia tidak akan tertimpa kemiskinan."

Selain itu, ada pula yang menganjurkan untuk membaca surat Al Waqiah setelah salat Ashar. Setiap Muslim dapat membacanya sebanyak 14 kali.

Selain itu, Anda juga bisa membaca surat Al Waqiah setelah salat Isya dan Subuh, sebab waktu ini dipercaya sebagai waktu yang mustajab.

Demikianlah ulasan tentang doa setelah membaca surat Al Waqiah. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi