Tata Cara Shalat Taubat yang Sesuai dengan Tuntunan

| 30 Jun 2024 05:53
Tata Cara Shalat Taubat yang Sesuai dengan Tuntunan
Ilustrasi (foto: Pixabay/derudyarra)

ERA.idSholat taubat dianjurkan bagi setiap muslim yang hendak bertaubat. Taubat yang dimaksud merujuk pada taubat nasuha atau taubat yang sebenar-benarnya taubat. Simak tata cara shalat taubat di bawah ini.

Perintah untuk bertaubat atau memohon ampunan kepada Allah SWT juga sudah tercantum dalam surah At Tahrim ayat 8 yang maknanya berbunyi sebagai berikut,

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya. Mudah-mudahan Tuhanmu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersamanya. Cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanannya. Mereka berkata, "Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Mengutip buku Panduan Shalat Lengkap karya Sa'id bin Ali bin Wahf al-Qahthani, ada hadits yang menjelaskan anjuran sholat taubat. Dari Abu Bakar As-Sidiq RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Tidaklah seorang hamba melakukan suatu perbuatan dosa lalu dia bersuci dengan sebaik-baiknya, kemudian dia berdiri dan mengerjakan sholat dua rakaat, dan disusul dengan memohon ampunan kepada Allah melainkan Allah akan memberikan ampunan kepadanya." (HR Abu Daud).

Ilustrasi tata cara shalat Taubat. (Unsplash)

Tata Cara Sholat Taubat yang Tepat

Sholat taubat dapat kita lakukan seperti sholat sunnah pada umumnya, yaitu dikerjakan sejumlah dua rakaat, dan maksimal enam rakaat. Setiap dua rakaat dijeda dengan salam.

Di bawah ini adalah tata cara sholat taubat yang dikutip dari buku Panduan Shalat untuk Wanita karya Ria Khoerunnisa.

1. Membaca Niat

“Ushalli sunnatat taubati rak'ataini lillaahi ta'aalaa.”

Artinya: "Saya niat sholat taubat dua raka'at lillahi ta'aalaa."

2. Takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surah Al Fatihah

5. Membaca surah pendek dalam Al-Qur'an

6. Rukuk

7. Iktidal

8. Sujud

9. Duduk di antara dua sujud

10. Sujud

11. Bangun dari sujud dan melanjutkan rakaat kedua seperti rakaat pertama

12. Tasyahud akhir

13. Salam

Membaca Doa setelah Sholat Taubat

Setelah menjalankan sholat taubat, Anda kemudian membaca istighfar sebagai berikut,

“Astaghfirullaahal'adziim, alladzii laa Ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih.”

Artinya: "Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya."

Selanjutnya diteruskan dengan membaca doa setelah sholat taubat, begini bacaannya:

“Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana'abduka wa ana'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu. Abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abuu u bidzanbi fahghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.”

Artinya: "Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat."

Waktu Terbaik Menjalankan Sholat Taubat

Dalam bukunya yang berjudul Seri Fiqih Kehidupan (3): Shalat, Ahmad Sarwat menjelaskan sholat taubat dapat dilakukan kapan saja, baik siang ataupun malam.

Sebab, sholat taubat ini tidak terikat dengan waktu tertentu seperti pada umumnya sholat fardhu atau beberapa jenis sholat sunnah seperti sholat tahajud. Bahkan para ulama memiliki pendapat bahwa tidak ada larangan jika sholat taubat hendak dikerjakan pada waktu-waktu yang terlarang untuk sholat sunnah mutlak sekali pun.

Meskipun dapat dilakukan kapan saja, para ulama menjelaskan bahwa sholat Taubat akan lebih utama jika segera dilakukan, dan juga tidak ada istilah terlambat. Disebutkan juga sholat taubat lebih utama jika dikerjakan pada waktu sepertiga malam hari. Sebab, waktu tersebut diyakini sebagai waktu mustajab untuk berdoa.

Demikianlah ulasan tentang tata cara sholat taubat yang bisa dilakukan setiap muslim. Selamat mencoba.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi