Ngobrol Bareng Ria Puspita: Jalan Tobat Mantan Dukun Santet

| 01 Apr 2024 17:00
Ngobrol Bareng Ria Puspita: Jalan Tobat Mantan Dukun Santet
Ilustrasi. (Era.id/Luthfia Arifah Ziyad)

ERA.id - Logat Ria Puspita kental sekali beraksen Betawi saat kami berjumpa dengannya, Rabu (27/3/2024) silam. Perempuan berusia 31 tahun itu menjamu kami di rumahnya di bilangan Cinere, Jakarta Selatan, sebelum ia menemui deretan pasiennya di ruang depan. Andai kami bertamu ke sana sembilan tahun lalu, kami mungkin masih menemuinya sebagai dukun santet. Kini, sisa-sisa riwayat kelamnya sudah tak tampak lagi. 

Ia memakai setelan serba hitam seperti mau ikut Aksi Kamisan, dengan kerudung hitam yang dililit di leher. Meski sudah tutup buku dengan dunia hitam, sesekali ia masih juga menerima pasien untuk pengobatan alternatif.

"Kalau ke rumah memang hampir ada beberapa waktu di seminggu itu, ada 3-4 hari itu pasti kita buka praktik. Karena ada yang mau konsultasi, ada yang memang pengobatan," ujarnya menjelaskan.

"Ada yang memang masalah dia sakit, sudah ke dokter, tapi hasilnya nihil, akhirnya ke sini. Terus ada yang masalah hubungan rumah tangganya, ada yang cuma cek auranya kayak gimana, ada yang masalah bisnisnya," lanjutnya.

Sementara kami datang ke sana bukan untuk alasan-alasan sebelumnya, melainkan untuk mengetahui lebih dekat bagaimana Ria Puspita hijrah dan meniti jalan tobat dari dukun santet ke kehidupannya sekarang. Berikut ini wawancara lengkap kami.

Teh Ria udah banyak cerita dulu sempat menekuni ilmu hitam, bahkan sampai dukun santet, bagaimana mulanya?

Saya itu punya permasalahan keluarga, hubungan saya dengan orang tua saya, khususnya ibu saya tuh kurang baik. Tapi ayah saya kan saat itu sehat, sampai stroke baru ikut saya. 

Di situ gejolaknya juga banyak, karena dari SMP saya ngalamin rasanya di-bully, terus saya lahir dalam keadaan keluarga saya bukan orang kaya, terus saya masuk ke zona yang temen-temen saya itu juga kurang baik, nah sampai akhirnya ya udah saya ikut dulu silat di SMA. 

Terus saya beritahu nih ke guru saya, “Gue ada problem besar di keluarga. Gue gak suka sama Mama gue. Pokoknya gimana caranya biar balas dendam apa yang Papa rasain.”

Akhirnya saya dibawa ke guru besar di padepokan saya itu, ada di luar kota di Jawa Barat. Saya datengin dan akhirnya saya dapet apresiasi besar banget. Karena dia gak punya anak, jadi dia pengen banget nurunin ilmunya. Nah datenglah saya.

Silat itu bukan cuma silat doang, jadi ilmunya ilmu kebal. Jadi memang dari sekolah saya sudah deket sama mereka-mereka ini kan, dari perkumpulan ilmu hitam. 

Akhirnya naik, ditawarin, “Kalau mau, biar semua orang yang nyakitin kamu, kamu luapin tanpa harus nyentuh tangan kamu, tanpa harus ngotorin tangan kamu, tanpa harus ada kasus kepolisian,” gitu. 

Ya udah diajarin. Jadi selama di sana itu saya negosiasi, ternyata dapat 41 hari. Saya berendam di dalam telaga tanpa makan, tanpa minum, tanpa tidur.

Di situ ada semacam aji-ajiannya juga?

Iya pasti. Kalau di situ selama 41 hari, kita pakai logika, gak bisa lah orang gak tidur, gak minum, gak makan gitu. Ini udah banyak banget saya kasih tau yang namanya kita berhubungan dengan alam gaib, khususnya kita kerja sama dengan jin, dengan iblis, itu kan pasti bisa-bisa aja. 

Jadi di sana itu banyak yang saya lakuin, tapi selama 41 hari cuma baca jampai yang dikasih sama Abah.

Berarti itu menyembah iblis, setan gitu ya?

Iya.

Ada kastanya gak itu Teh?

Iya lah, saya kan gak cuma 41 hari, sudah ada beberapa di channel youtube saya juga saya jabarin. Dari 41 hari saya berendam, terus ada lagi saya 69 hari, terus saya naik lagi di 193 hari, ada itu tahap-tahapnya. 

Sampai akhirnya ya teluh, santet, guna-guna saya pegang. Pelet dan lain-lain itu masuk ke situ, sampai akhirnya penumbalan. Kalau penumbalan itu kasusnya, jadi orang yang pengen kaya, tapi datangnya ke saya. Bukan saya yang melakukan penumbalan, tapi orang yang datang minta.

Waktu itu bagaimana Teh Ria memandang Tuhan?

Udah gak ada. Saat itu hidup tuh bukan lagi konsep keimanan kita sama Tuhan, rasa sayang kita sama Tuhan, rasa percaya kita sama Tuhan, tapi di situ Tuhan itu gak ada yang nolongin kita sama sekali. 

Jadi saat saya ngelakuin hal bersekutu ini, kok apa yang saya mau itu dapet? Kayak contoh saya mau bales dendam sama si A, itu kelampiasan. Terus kayak aduh butuh duit nih, ada orang dateng, saya tinggal tembak berapa puluh juta, berapa ratus juta, dapet. 

Terus yang namanya kehidupan glamour yang hitam, seks, terus pesta-pesta, minum-minuman alkohol, pokoknya yang gak baik-baik itu gampang. Jadi konsep iman kita sama Tuhan udah gak ada, karena tidak diperbolehkan untuk salat. Itulah hal yang terberatnya.

Balas dendamnya itu berarti bikin celaka orang?

Iya. Berbagai macam sih. Ada yang minta datang untuk celakain satu orang. Ada juga yang minta biar kaya raya. Ada yang minta biar dia melet orang. Ada yang gak suka sama sekali sampai titiknya dia dendam banget minta dimatiin gitu banyak.

Dan itu selalu sukses Teh?

Kalau menurut saya ya saat itu selalu sukses-sukses aja gitu. Kenapa saya akhirnya hijrah dan beristikamah ya karena di akhir itu baru saya gagal nyakitin orang. Makanya saya sampai di titik kayak sekarang.

Pas lagi jadi dukun santet, apa saja kejadian mistis yang dialamin?

Kalau kejadian mistis udah makanan sehari-hari ya. Kayak saya punya pasukan aja, pasukan yang gak keliatan. Saya nyembah-nyembah sama iblis, sama setan gitu. Jadi kayaknya kalau untuk berinteraksi sama makhluk halus itu udah hal yang biasa, kayak kita ngobrol sama orang gitu. 

Kejadian-kejadiannya juga kejadian-kejadian yang cuma syok kaget dikit, tapi ya lama-lama terbiasa. Karena memang dari kecil saya sudah melihat seperti itu. Sudah bisa interaksi. Kalau zaman sekarang bilang indigo ya. 

Kalau perang sesama dukun gitu pernah Teh?

Pernah ngalamin yang namanya perang sesama dukun. Pertama itu sama dukun Bali, tapi saya ya menang. Saat itulah berhasil. Tapi yang kedua, saya melawan dukun dari Kalimantan, dan itu gagal, saya kalah. Mungkin itu Tuhan sudah menentukan saya di situ untuk saya hijrah. 

Jadi saat saya mulai ngerjain orang Kalimantan, saya juga gak tahu kalau dia suku dari Kalimantan, saya kerjain dia biar dia lumpuh, biar dia tidak bisa ngapa-ngapain, ternyata dia anak turunan dari Kalimantan yang ibaratnya kakek dia tuh orang terpercaya di sana gitu. Mungkin kepala adat atau apa gitu kan.

Ya saya bebalik. Semua bejana-bejana saya itu pecah, sampai akhirnya semua ruangan kerja saya, praktek saya itu kebakar, saya pun merasa panas, yang benar-benar panas sampai kurang lebihnya enam bulan.

Terus pas tobat sesulit apa lepas sama jin dan segala macamnya?

Sulit banget. Karena awal saya baca dua kalimat syahadat aja itu sampai berkali-kali kan, susah banget gitu untuk baca dua kalimat syahadatnya. Sampai akhirnya saya tiga bulan pertama itu coba untuk di rumah dulu, nenangin gitu dibantu sama ayah saya. 

Terus bulan ke berikutnya, 4-5 bulanan saya coba diskusi sama orang tua saya, khususnya sama papa saya, boleh gak saya keluar rumah gitu? Maksudnya saya ke pondok pesantren atau ke mana nih untuk pembersihan badan. Karena saya pengen yang bener-bener hijrah.

Akhirnya diizinin sama orang tua saya. Nah itu tahapnya panjang, sampai akhirnya di 2018 itu saya balik lagi, ya udah layaknya orang biasa. Karena udah bersih juga, udah ngerasain gak ada yang aneh-aneh, udah gak ngerasain ketemu sama setan peliharaan saya dulu, saya dapet teror-teror itu udah gak ada. 

Jadi sampai dari 2016 saya hijrah, ke 2018 itu masanya saya transisi.

Bagaimana cara melepas ilmu hitam itu? 

Kalau untuk ngelepas awal itu kan berat, susah, dibantu sama papa saya dalam keadaan saya masih panas, sampai akhirnya saya tertidur. Saya dengar ada kayak pecutan kenceng banget, kayak petir, dan itu ada gumaman orang suaranya yang menggema banget di telinga.

Saya akhirnya kebangun tidur, saya cari papa saya, saya minta bertobat, di situ saya ngucap dua kalimat syahadat, sampai akhirnya papa saya yang bantu saya belajar untuk salat, belajar salat, belajar ngaji lagi, belajar lagi, terus baru saya hijrah.

Pas hijrahnya ini ngalamin yang bener-bener ya hidup cuma bekal baju, bekal nyari berkah ngaji, udah gak punya uang gitu.

Godaannya buat balik lagi ke sana, susah gak sih, Teh?

Sebenernya malah godaannya itu bukan di saat saya setelah hijrah, tapi setelah saya viral. Kenapa? Saya viral itu diajak sama temen saya untuk podcast. Saya ditinggikan sama temen, kayak, ya udah cerita aja itu cerita yang belum pernah orang ceritain.

Karena saya liat juga gak ada yang namanya viral tentang mantan dukun santet, yang lain aja pada biasa-biasa aja, ya saya pikir saya siapa, gak bakalan terkenal gitu kan. Akhirnya saya viral. 

Nah di situ malah temen-temen saya ninggalin saya dengan alasan maunya pasien dari saya itu harus podcast dulu baru ketemu sama saya, sedangkan saya sampai sekarang punya YouTube aja banyak orang yang nanya, “Kenapa Teh kok gak ada pengobatan?”

Saya lebih mengutamakan keprivasian pasien dibandingin keegoisan saya untuk bikin konten. Nah mereka marah, gak suka, fitnah saya kanan-kiri. Saya mikir, “Lu yang bawa gue ke ranah ini, kok lu yang fitnah.”

Jadi bagi saya, ujian terberat itu sekarang. Banyak kata-kata dari netizen tuh awal-awal bikin saya sakit hati. Gue udah jadi orang baik, udah hashtag-nya besar banget Mantan Dukun Santet, lu masih bilang, “Coba teluh gue, coba teluh gue.”

Netizen kan kadang-kadang antara budek sama buta kan. Awal-awal bulan itu masih kayak udah deh semuanya di-takedown aja, gak usah ada video-video saya. Terus saya ketemu sama guru saya, kiai. Terus saya ketemu Syakir Daulay. Saya dikenalin sama Habibana. 

Di situlah Habib bilang kalau orang mau benar-benar, mau sungguh-sungguh mau jadi orang baik, mau jadi orang benar, mau jadi orang ahli surga, gak ada tantangannya, gak sedep. Jadi jalanin aja.

Lebih susah nanganin orang atau jin?

Sebenarnya kalau misalnya nanganin pasien, kita mainnya pakai hati ya. Karena kan ini bukan berarti saya sakti, bukan berarti saya bisa nyihir orang. Saya balik lagi, kita jalur langit kan. Kita juga minta sama Allah kan. 

Kita minta mukjizat sama Allah. Kita minta gimana caranya Allah nih bantuin kita buat sembuhin pasien gitu. 

Nah awal datang itu kenapa hari pertama jadi konsultasi, saya nanya dulu, “Apa sih masalahnya?” Jadi pakai hati kan, enak ngomongnya. 

Makanya kalau netizen yang belum ketemu sama saya, mulutnya emang begitu. Coba kalau udah ketemu sama saya biar kenal, kan tak kenal maka tak sayang. Jadi kalau netizen ngomong apa pun, kalau sekarang saya tarik napas aja.

Setelah tobat, apa yang Teh Ria rasa?

Kalau yang pertama itu ketenangan. Ketenangan batin itu di saat kita hijrah baru ngedapetin, kayak hidup tuh gak ada gelisahnya, saya tenang. Walaupun di per sekian tahun itu saya dinolkan sama Allah. Jadi bener-bener kayak gak punya duit, terus kerjaan baru sebulan tiba-tiba dipecat gitu aja. 

Pokoknya di saat lagi masa hijrah tuh ada aja momen yang bikin kayaknya mendingan di ilmu hitam deh, kalau gue jadi orang bener begini banget ya. Tapi yang cuma sebentar aja lah mikirnya begitu. 

Nah sampai saya kan sebelumnya memang sudah divorce sama suami saya kan karena kasusnya banyak nih, KDRT, terus ya memang tidak menafkahkan saya dari pertama saya nikah, terus juga pengguna narkoba yang sangat amat kuat, yang kalau diajak bareng untuk benar tuh kayaknya udah gak bisa gitu. 

Dia gimana caranya tuh nyakitin saya terus lah. Sampai akhirnya saya ngelepas diri saya tuh, ya udah gue pasrahin sama Allah, hidup, mati, jodoh, rejeki, semua saya pasrahin sama Allah. Hari ini saya dipecat, iya Allah nyuruh saya sabar nih, kemarin gue udah nyakitin orang. Ngelamar lagi kerja, dapet gaji gak sesuai, dipotong-potong, iya gak apa-apa, gue terima, orang Allah cuma kasih segini doang. 

Ya sampai akhirnya saya ketemu sama suami saya sekarang, di situ saya kayak Tuhan itu ngasih gift ke saya tuh banyak banget dan itu beruntung saya dikasih suami yang sesuai sama ceklisan saya jaman dulu saya mau kayak papa saya. 

Suami saya itu yang sayang sama saya yang ngeratuin saya, yang kalau saya manja dia terima, saya marah dia bisa lembut. Pokoknya semua itu ada di suami saya. Udah dapet kado itu, dapet mertua, saya dapet anak yang sesuai juga yang saya mau. Dia pintar, dia ngertiin saya kerja, sampai detik ini dia nemenin saya ke mana pun saya pergi walaupun masih umur 3 tahun.

Yang bikin Teh Ria istikamah tetap hijrah apa Teh?

Hijrah itu kan saya pindah ke suatu tempat. Kalau istikamah saya akan tetap mengerjakan amalan Tuhan atau kewajiban yang Tuhan kasih itu terus menerus. Kenapa mau jalanin dua-duanya? Saya udah kagak butuh duit nih, tapi saya butuh bahagia. Saya yakin kalau udah di jalan istikamah sama Allah, bahagia dapet, duit ngejar, udah itu doang.

Ada pesan buat orang-orang yang maunya ngejar jalan pintas? Misalkan dia dendam sama orang disantet aja kali ya.

Pesan saya singkat banget. Udah kalau mau nggak disakitin sama orang, kita berbuat baik. Kalau memang di pikiran otak kita cuma jalan pintas nyantet orang, nyakitin orang, inget, tabur tuai itu pasti ada. 

Orang yang kita sakitin itu punya kifarah. Kita gak pernah tahu di sepertiga malamnya itu dia punya amalan apa. Jadi jangan pernah nyia-nyiain waktu kita cuma buat nyakitin orang, tanpa kita tahu nih orang itu punya apa, amalan apa. Lebih baik kita jalannya jalan sehat aja.

Kalau emang kita gak mampu buat bisnis kita tinggi, kita perbaikin lagi diri kita, kenapa gak bisa tinggi? Terus kalau kita disakitin sama orang, udah maafin aja. Gak ada yang abadi, semuanya sementara. Itu cuma datang ke dukun, saya yang dukunnya aja mau tobat Apalagi si itu, ya selesain.

Rekomendasi