Bakal Ada Festival Santet dan Destinasi Mistis di Banyuwangi, Apa Saja Acaranya?

| 04 Feb 2021 14:11
Bakal Ada Festival Santet dan Destinasi Mistis di Banyuwangi, Apa Saja Acaranya?
Ilustrasi dukun (Foto: Istimewa)

ERA.id - Dukun-dukun di Banyuwangi kini bersatu. Mereka membantuk Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu). Uniknya, mereka akan menggelar festival santet dan mengenalkan destinasi mistis di Banyuwangi. Itu tercantum dalam prgoram kerjanya.

Deklarasi Perdunu sendiri digelar di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Rabu kemarin. "Program kerja kita paling dekat adalah doa bersama dan kegiatan pengobatan gratis," ujar Ketua Umum Perdunu, Gus Abdul Fatah Hasan, melansir detikcom, Rabu (3/2/2021).

Program awal itu bakal digelar di Februari. Lebih jauh, soal doa bersama, Perdunu hanya berharap agar masyarakat Banyuwangi terhindar dari efek negatif erupsi Gunung Raung dan bala lainnya.

Soal penyakit? Baik yang medis dan non medis, mereka akan berusaha mengatasinya. "Semoga bisa terlaksana dengan baik," tambahnya.

Selanjutnya pada Bulan Suro atau Muharam, akan digelar pula Festival Santet. Di sana, akan dijelaskan ihwal ilmu spiritual yang masih ada di Banyuwangi berikut destinasi mistisnya.

Di mana tempatnya? Beberapa di antaranya yakni Alaspurwo, Rowo Bayu dan Antaboga di Kecamatan Glenmore. "Kita akan menggelar Festival Santet. Banyak macam yang akan kita gelar di festival itu. Nanti bagaimana pengenalan orang terkena santet atau sihir. Dan juga kita kenalkan destinasi mistis di Banyuwangi. Ada 3 kalau ndak salah tadi usulannya. Alaspurwo, Rowo Bayu dan Antaboga," pungkasnya.

Rekomendasi