Anies Baswedan Diradar PAN

| 10 Jul 2018 15:57
Anies Baswedan Diradar PAN
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan muncul menjadi sosok calon presiden atau wakil presiden pada Pemilu 2019. Nama Anies pun jadi pembicaraan intensif internal PAN. 

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan, nama Anies muncul di luar empat nama yang muncul di internal partai berlambang matahari ini, yaitu Zulkifli Hasan, Soetrisno Bachir, Hatta Rajasa, dan Amien Rais. Meski Anies bukan kader PAN, Yandri mengatakan hal itu bukan menjadi masalah yang krusial.

"Jika saja muncul nama Anies misalkan itu PAN juga tidak keberatan karena Anies juga masuk dalam radar pembicaraan yang juga intensif di internal kami (PAN)," katanya, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/9/2018).

Yandri menambahkan, elektabilitas Anies cukup besar. Sehingga, ini pula yang jadi pertimbangan PAN. 

"Saya sampaikan nama Anies sangat kuat juga di internal PAN maupun di internal Gerindra (untuk jadi capres ataupun cawapres)," tuturnya. 

Yang penting, kata Yandri, partainya konsisten ingin menghadirkan calon alternatif di Pemilu 2019 agar bisa bersaingan dengan Joko Widodo yang juga akan kembali maju sebagai capres. 

"Intinya PAN ingin menghadirkan calon di luar Jokowi," terang Yandri.

Meski belum menentukan sikap politik di Pemilu 2019, Yandri berkata, partainya cenderung akan berlabuh kepada koalisi penantang Jokowi. 

"(Dukungan) ke Gerindra kecenderungannya sangat kuat, karena PAN dengan Gerindra sudah cukup," ujarnya.

Rekomendasi