Soal Pilgub Jakarta, PAN: Anies Belum Tentu Maju

| 27 Jun 2024 22:21
Soal Pilgub Jakarta, PAN: Anies Belum Tentu Maju
Ketua Tim Desk Pilkada 2024 DPP PAN, Yandri Susanto. (ERA.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Ketua Tim Desk Pilkada 2024 DPP PAN, Yandri Susanto menilai, Anies Baswedan belum tentu maju dalam Pilgub Jakarta mendatang.

Hal ini disampaikan Yandri saat disinggung kesiapan partainya dalam menghadapi kubu Anies pada Pilkada Jakarta.

"Jadi, masalah DKI, pertama, menurut kami, Anies belum tentu maju, kan belum didaftarkan," kata Yandri di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2024).

Yandri menilai, dinamika politik di Jakarta sangat dinamis. Ia menyebut, kondisi bisa berubah dengan cepat.

Terkait Pilkada Jakarta, Wakil Ketua Umum PAN ini mengungkapkan, partainya bakal mendorong kadernya, yakni Zita Anjani. Dia mengatakan, PAN akan menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya untuk mengusung putri Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan itu.

"Siapa yang akan kami usung? Tadi dalam internal (PAN), Zita Anjani. Siapa yang diajak berkoalisi? Ya sedang kami komunikasikan. Apakah Anies? Kan Anies juga belum tentu maju. Apakah Anies mendapatkan perahu? Ya belum tentu juga," jelas Yandri.

Meski demikian, Yandri menegaskan, PAN tidak bakal menghalangi siapapun yang ingin maju pada Pilgub Jakarta, termasuk Anies.

"Tapi kalau mau maju ya, silakan. Kami juga tidak akan menghambat, tak akan menghalangi. Semua anak bangsa yang punya kontribusi untuk DKI tidak ada masalah, semakin banyak pilihan ya mungkin jadi bagus bagi rakyat di DKJ (Daerah Khusus Jakarta)," ujar dia.

Yandri menjelaskan, penetapan sosok yang nantinya diusung PAN dalam Pilkada Serentak 2024 akan dibahas saat Rakernas ke-4 yang digelar pada Sabtu (29/6). Ia mengungkapkan, rapat itu juga bakal membahas dinamika politik di Pulau Jawa, termasuk Jakarta.

Sebab, jelas Yandri, Jakarta menjadi salah satu fokus PAN untuk memenangkan pilgub.

"Jadi PAN ingin (di) Jawa Timur, Jawa Barat, Jateng, DKJ dan Banten, PAN memenangkan pilgub," ungkapnya.

Adapun saat ini Anies telah mendapatkan dukungan dari PKS. Ia diusung bersama Sohibul Iman sebagai pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Keputusan itu disampaikan oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai, Selasa (25/6).

"Struktur DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk diantaranya Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Mohamad Sohibul Iman," kata Syaikhu.

Rekomendasi