Transportasi Publik yang Bisa Jadi Alternatif Saat BBM Naik

| 05 Sep 2022 19:02
Transportasi Publik yang Bisa Jadi Alternatif Saat BBM Naik
Trans Jakarta (Wikipedia)

ERA.id - Transportasi publik merupakan salah satu fasilitas yang dapat meningkatkan aksesibilitas suatu wilayah. Menariknya ketika harga BBM naik, angkutan umum kembali dilirik masyarakat.

Aksesibilitas transportasi umum erat dikaitkan dengan kemudahan berbisnis dan berinteraksi dengan masyarakat yang ada dalam suatu wilayah. Untuk membangun suatu daerah yang maju, maka prasarana dan sarana transportasi tidak dapat dipisahkan dalam suatu program pembangunan.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis transportasi umum, berikut ini jenis-jenis transportasi umum yang bisa Eramania gunakan untuk menggantikan kendaraan pribadi.

  1. Bus

Di Indonesia banyak sekali jenis bus yang digunakan sebagai transportasi umum, seperti Bus Antar Kota, Bus Metromini, Bus Trans, Bus Sekolah, Bus Kampus. Namun yang paling populer adalah busway atau Bus Rapid Transit.

Secara umum, Busway berbeda karena memiliki jalur eksklusif yang membuatnya bebas dari kemacetan. Di Indonesia sendiri, kota-kota besarnya sudah memiliki moda transportasi massal BRT antara lain Bandung, Bogor, Semarang, Jogja, Palembang, Bandar Lampung, dan Jakarta.

  1. Kereta

Kereta api adalah rekomendasi transportasi umum untuk perjalanan jauh antar kota atau provinsi. Di Indonesia banyak sekali jenis kereta api yang sudah dioperasikan, mulai dari kereta api jadul yang menggunakan batu bara hingga kereta api cepat yang lebih baru.

Kendati demikian, operasi Kereta Api paling baik baru ada di Pulau Jawa. Meskipun baru-baru ini pembangunan jalur kereta api telah dikembangkan di seluruh Indonesia

  1. Angkot

Angkot atau angkutan kota adalah model angkutan umum roda empat yang rutenya sudah ditentukan. Angkot juga merupakan kendaraan angkutan umum yang sangat familiar bagi masyarakat karena satu-satunya jenis angkutan umum roda empat yang tarifnya sangat terjangkau.

Menariknya, angkot sudah memiliki jalur angkutan yang dapat menjangkau pemukiman masyarakat, tidak seperti bus yang harus menaikkan dan menurunkan penumpang hanya di halte tertentu.

  1. Mass Rapid Transit (MRT)

    MRT di Jakarta (Wikipedia)

MRT adalah salah satu moda transportasi yang dimiliki kota-kota megapolitan di dunia. MRT merupakan moda transportasi yang paling efisien karena cepat, tidak terganggu lalu lintas jalan raya, dan juga memuat banyak penumpang. Meskipun saat ini MRT sedang dikembangkan di Jakarta.

  1. Monorel

    monorel (Youtube)

Monorel merupakan moda transportasi yang paling modern diantara yang lainnya karena kereta ini hanya bergelantungan di satu jalur. Dengan bobotnya yang ringan dan bentuknya yang umumnya aerodinamis, Monorel memungkinkannya beroperasi lebih cepat dibandingkan moda transportasi massal lainnya.

  1. Becak

Becak merupakan model angkutan umum beroda tiga. Di Indonesia ada 2 jenis becak yang beroperasi yaitu becak konvensional dan becak bermotor. Keunikan kendaraan becak di Indonesia adalah letak pengemudinya yang berada di belakang penumpang, meskipun ada beberapa di daerah Sumatera yang pengemudinya berada di sisi depan.

Akan tetapi, kini becak terutama ada di daerah pedesaan sementara di kota perkotaan telah dilarang karena perannya dalam menciptakan kemacetan lalu lintas yang masif.

  1. Delman/Andong

Delman atau andong merupakan jenis angkutan umum tradisional roda dua, roda tiga atau empat dan menggunakan kuda sebagai penggeraknya. Terdapat variasi delman  dengan kuda antara lain gerobak, kereta, dan kereta kuda.

Perlu diketahui, nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, Charles Theodore Deeleman yang merupakan seorang ahli litografi dan insinyur pada masa Hindia Belanda. Kini delman masih digunakan di beberapa daerah di Indonesia yang sangat populer di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain transportasi publik alternatif, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi