KPK Jadwalkan Pemeriksaan Idrus Marham dan Sofyan Basyir

| 18 Jul 2018 14:12
KPK Jadwalkan Pemeriksaan Idrus Marham dan Sofyan Basyir
Anggota DPR Eni Maulani. (Tasya/era.id)
Jakarta, era.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa Menteri Sosial Idrus Marham dan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basyir sebagai saksi untuk pengusutan atas dugaan kasus suap yang menjerat anggota DPR RI Eni Maulani Saragih setelah tertangkap operasi tangkap tangan (OTT).

"Setelah melakukan penggeledahan di delapan lokasi sejak Minggu dan Senin, 15 Juli dan 16 Juli 2018, besok Kamis (19/7) dan Jumat (20/7) direncanakan pemeriksaan saksi Idrus Marham pada hari Kamis dan Sofyan Basir pada hari Jumat," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (18/7/2018).

Febri menyebut bahwa KPK telah mengirimkan surat secara patut kepada Mensos Idrus Marham dan Dirut PT PLN Sofyan Basyir. Lembaga antirasuah ini yakin bahwa sebagai saksi keduanya akan memenuhi panggilan tersebut.

"Kami percaya para saksi akan memenuhi panggilan KPK. Para saksi ini dibutuhkan keterangannya tentabg apa yang ia ketahui terkait perkara yang sedang kami proses ini," kata Febri.

Sebelumnya, KPK menangkap Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih di rumah Menteri Sosial Idrus Marham. Saat itu, Eni tengah menghadiri acara ulang tahun anak dari Idrus Marham. 

Setelah gelar perkara selama 1x24 jam, KPK menetapkan Eni sebagai tersangka penerimaan suap terkait proyek PLTU-1 Riau. Suap itu diberikan oleh pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited Johannes Budistrisno Kotjo yang kemudian juga ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap. 

Dari operasi senyap ini, penyidik KPK juga mengamankan uang sebesar Rp500 juta yang diduga merupakan penerimaan keempat dan merupakan komitmen fee untuk Eni.

Setelah itu, KPK melakukan penggeledahan secara berturut-turut di beberapa tempat seperti rumah pribadi Dirut PT PLN Sofyan Basyir, rumah pribadi Eni, kantor Eni di Gedung DPR RI, kantor pusat PT PLN, bahkan menggeledah Gedung Indonesia Power. Adapun bukti yang disita oleh tim penyidik adalah CCTV dan barang bukti elektronik lainnya.

"Cukup banyak dokumen terkait proyek pembangunan PLTU Riau-1 yang kami temukan di tiga lokasi yang digeledah. Termasuk dokumen yang menjelaskan skema kerja sama sejumlah pihak di kasus ini. Ada juga barang bukti elektronik yang diamankan diantaranya CCTV --kamera pengawas-- dan alat komunikasi (telepon selular)," ungkap Febri.

Dalam kasus ini, sebagai pihak penerima, Eni kemudian disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 juncto Pasal 55 (1) ke-1 KUHP.

Sementara sebagai pihak pemberi, Johannes disangkakan melanggar pasal melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU 20/2001.

Rekomendasi