Era Sekarang, Kepala Daerah Dilarang Gaptek

| 06 Dec 2017 16:22
Era Sekarang, Kepala Daerah Dilarang Gaptek
Pembekalan kepemimpinan bagi kepala dan wakil kepala daerah (GEDE/era.id)
Jakarta, era.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah menyiapkan program pengembangan sumber daya manusia (SDM) menyongsong pilkada serentak 2018. Salah satunya, persiapan melek teknologi bagi para kepala daerah.

Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, adaptasi dengan teknologi komunikasi serta manajemen agenda menjadi tuntutan utama bagi pejabat pemerintahan daerah saat ini.

Terlebih, sasaran politik terbesar bagi kepala daerah yang nantinya mungkin akan terpilih kembali, adalah usia produktif yang akrab dengan teknologi. Yasin, yang juga Gubernur Sulawesi Selatan itu meminta agar tidak ada lagi kepala daerah yang tertinggal, apalagi gagap teknologi (gaptek) di era sekarang.

"Perencanaan yang baik, kontrol yang kuat, serta terobosan baru, harus dikuasai oleh kepala daerah. Kalau tidak buat apa dia jadi pejabat. Lakukan lebih baik dari apa yang pernah orang kerjakan," ujar Yasin, Rabu (6/12/2017).

Selain teknologi, Kemendagri juga memberi pembekalan kepemimpinan bagi kepala dan wakil kepala daerah. Hal ini diakui Kepala BPSDM Kemendagri, Teguh Setyabudi, untuk meningkatkan peran pemerintah daerah dalam mendukung pemerintah pusat.

"Setiap pejabat harus kompeten di bidang pemerintahan melalui sertifikasi dan pembekalan kepemimpinan lewat diklat yang akan digelar BPSDM," jelas Teguh di auditorium Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Kalibata.

(GEDE/era.id)

Tags :
Rekomendasi