Ma'ruf Amin Jadi Cawapres Jokowi

Tim Editor

Foto Ma'ruf Amin (nucare.id)

Jakarta, era.id - Ketua MUI Ma'ruf Amin ditunjuk menjadi calon wakil presiden pendamping Joko Widodo pada Pemilu Presiden 2019.

Keputusan itu disepakati oleh sembilan partai pendukung Jokowi, di antaranya enam partai di parlemen, yaitu PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Hanura, PPP, PKB, serta tiga partai di luar parlemen yaitu PSI, PKPI dan Partai Perindo.

"Bahwa yang akan mendampingi saya sebagai calon wapres 2019-2024 adalah Prof Dr KH Maruf Amin," kata Jokowi di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Dia mengatakan, keputusan ini merupakan masukan dari para ulama, ketua umum partai, pengurus partai, relawan di seluruh tanah air dan tentunya aspirasi dari masyarakat luas.
 


Nama Ma'ruf muncul di detik-detik terakhir pengumuman cawapres. Nama cawapres Jokowi memang disebut-sebut selama beberapa hari ini berinisial M. Namun, yang menguat adalah Mahfud MD. 

Bahkan, menjelang pengumuman ini, Mahfud kerap mondar-mandir di sekitaran lokasi pengumuman cawapres Jokowi di Restoran Plataran, Menteng. Jokowi memang digadang-gadang bakal mengumumkan cawapresnya, hari ini. Informasi itu pun sudah tersebar sejak kemarin malam.

Beberapa menit sebelum diumumkan, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding memberikan isyarat, Jokowi memilih Ma'ruf Amin jadi cawapres. Pernyataan Karding itu disampaikan lewat akun Twitternya, @Kadir_Karding.
 

Tag: jokowi-maruf amin

Bagikan: