Jokowi Ajak Joe Biden Cs Nyangkul di Bali, PM Belanda Sampai Tertawa Lepas

| 16 Nov 2022 12:06
Jokowi Ajak Joe Biden Cs Nyangkul di Bali, PM Belanda Sampai Tertawa Lepas
Joe Biden nyangkul (Dok: Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo kembali membuat kejutan untuk kepala negara di KTT G20. Berbusana kompak serba putih, Jokowi mengajak serta Joe Biden dan lainnya nyangkul hingga menanam mangrove bersama-sama. 

Usai menghadiri Gala Dinner di GWK, Bali, Selasa (15/11/2022) malam, para kepala negara yang menghadiri G20 di Bali kembali disibukkan dengan serangkaian kegiatan. Kali ini Joe Biden Cs mendatangi Taman Hutan Raya Bali (Tahura), Ngurah Rai, Bali, Rabu (16/11/2022). 

Menurut pantauan Era, selama acara berlangsung para kepala negara mengenakan busana serba putih berlengan panjang dengan tulisan G20 di sisi dada bagian kiri. 

Presiden Jokowi, PM India Narendra Modi dan Presiden AS Joe Biden (Dok Sekretariat Presiden)

Bukan hanya itu saja, para kepala negara juga diagendakan untuk menanam mangrove bersama-sama yang diawali dengan proses mencangkul. Usai mencangkul, beberapa pemimpin negara nampak tertawa, salah satunya PM Belanda. Mark Rutte yang tak asing dengan Indonesia ini nampak tertawa lepas.

PM Belanda Mark Rutte dan Presiden Prancis Emmanuel Macron (Dok Sekretariat Presiden)

Setelah melewati serangkaian itu, Jokowi yang juga didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Gubernur Bali Wayan Koster mengajak serta kepala negara untuk berkeliling di Taman Hutan Raya Bali (Tahura). 

Diketahui agenda kunjungan ke Taman Hutan Raya Bali (Tahura) merupakan tema yang dipilih oleh Presiden Jokowi dalam pelaksanaan KTT G20 soal menangani krisis iklim. 

Selain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, rangkaian acara itu juga turut diikuti oleh PM India Narendra Modi, Presiden Prancis Emmanuel Macaron, dan masih banyak lagi. 

Rekomendasi