JK Ungkap Beda 'Cara Kerja' Era SBY dan Jokowi: Zaman SBY Keputusan Cepat, Kalau Jokowi Berlebihan Rapat

| 25 Nov 2022 20:07
JK Ungkap Beda 'Cara Kerja' Era SBY dan Jokowi: Zaman SBY Keputusan Cepat, Kalau Jokowi Berlebihan Rapat
Jusuf Kalla (Tangkapan layar RGTV Channel ID)

ERA.id - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menceritakan kesamaan dan beda gaya kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Jokowi. Salah satu perbedaannya ada pada 'eksekusi' saat muncul masalah. Menurutnya, Jokowi terlalu banyak rapat.

"Memang bagi saya itu sangat beda, waktu zamannya SBY masalah-masalah ekonomi khususnya dan Indonesia Timur saya yang tanggung jawab, saya yang menanganinya, dan itu semuanya termasuk persetujuan awal, waktu kita setuju bersama-sama. Sehingga masalah-masalah ekonomi kita selesaikan, keputusan cepat," kata JK dalam tayangan Youtube RGTV Channel ID, dikutip Jumat (25/11/2022).

Sementara itu, JK menambahkan Jokowi cenderung merapatkan semua hal. Malah baginya rapat malah terasa berlebihan. Sebab dalam sehari, menteri bisa rapat sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Akibatnya, para menteri jadi kesulitan untuk keluar daerah karena tiba-tiba dipanggil rapat.

"Kalau Pak Jokowi ini semua hal dirapatkan, memang kadang-kadang rapat itu berlebihan, waktu saya pernah tanya setkab berapa rapat tahun ini lalu, kurang lebih 250 rapat," kata JK.

Lebih lanjut, JK menambahkan kesamaan SBY dan Jokowi saat rapat kabinet tak ada perdebatan. Sebab semua menterinya harus melaporkan hasil kerjanya.

"Sejak dulu pemerintah kita sistemnya tidak ada perdebatan, Pak Soeharto, mungkin jamannya pak Habibie dia ada perdebatan karena dia orangnya terbuka," kata JK.

Rekomendasi