Fakta Menarik Pernikahan Kaesang dan Erina, Keluarga Jokowi Tak Terima Kado dan Amplop dari Tamu

| 05 Dec 2022 13:45
Fakta Menarik Pernikahan Kaesang dan Erina, Keluarga Jokowi Tak Terima Kado dan Amplop dari Tamu
Undangan pernikahan Kaesang dan Erina. (Dokumentasi Istimewa)

ERA.id - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono merupakan hajatan mantu terakhir Presiden Joko Widodo. Dalam acara bahagia ini keluarga Jokowi tidak menerima sumbangan di semua prosesi pernikahan.

Keputusan untuk tidak menerima sumbangan ini juga dilakukan saat menikahkan Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda dan pasangan Bobby Nasution-Kahiyang Ayu. Semua informasi tentang tidak menerima sumbangan ini tertulis dalam undangan yang disebar kepada para tamu.

Sebagai informasi dalam undangan yang disebar kepada wartawan terdapat kartu akses masuk acara pernikahan Kaesang dan Erina yang disertai dengan barcode.

Kartu ini dibawa sebagai akses masuk gedung. Sedangkan di bawah barcode terdapat tulisan  'Dengan mengurangi rasa hormat, mohon maaf kami tidak menerima sumbangan dalam bentuk apapun'.

Dalam hajatan Ngunduh Mantu kali ini, putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka ditunjuk sebagai juru bicara. Saat ditanya terkait adanya pemberitahuan keluarga Jokowi tidak menerima sumbangan, Gibran membenarkannya.

"Iya, zamanku (pernikahan Gibran dan Selvi) kan juga nggak menerima sumbangan. Nggak ada sumbangan, nggak usah bawa sumbangan," kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (5/12/2022).

Meski tidak menerima sumbangan, Gibran berharap para tamu undangan yang hadir dalam prosesi ini memberikan doa yang terbaik untuk kedua mempelai. Sebab doa yang terbaik menjadi sumbangan yang paling berharga.

"Nggak usah bawa sumbangan, bawa doa aja," kata Gibran yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo ini.

Kebiasaan tidak menerima sumbangan sudah diberlakukan Jokowi sejak menggelar hajatan mantu pertama saat pernikahan Gibran dan Selvi. Kali ini di hajatan mantu terakhirnya juga tidak ada sumbangan.

"Lha memang dari dulu kita tidak menerima sumbangan dalam bentuk apa pun. Ya minta doa aja, karangan bunga boleh. Kalau barang-barang, amplop tidak boleh malah merepotkan. Intinya kita tidak ingin merepotkan," katanya.

Sebagai informasi prosesi resepsi pernikahan Kaesang dan Erina bakal digelar di Pura Mangkunegaran pada Minggu, 11 Desember 2022. Sebelumnya kedua mempelai akan dikirab dari rumah dinas Wali Kota Solo, Loji gandrung menuju Pura Mangkunegara.

Rekomendasi