Rian Ernest Tambah Daftar Kader yang 'Balik Kanan' dari PSI, Giring Singgung Rumah Politik Baru

| 15 Dec 2022 13:35
Rian Ernest Tambah Daftar Kader yang 'Balik Kanan' dari PSI, Giring Singgung Rumah Politik Baru
Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest, di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/7/2019). (ANTARA)

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha tak mempermasalahkan keputusan sejumlah kadernya untuk keluar dari PSI. Menurutnya, hal itu biasa dalam politik.

Hal itu sekaligus menanggapi keputusan politisi muda PSI Rian Ernest yang memutuskan mundur sebagai kader PSI.

"Pindahnya beberapa kader kami adalah hal yang sangat biasa dalam politik," kata Giring saat dihubungi, Kamis (15/12/2022).

Bagi Giring, para kader yang mengundurkan diri termasuk Rian Ernest bisa menerapakan ilmu-ilmu dari PSI, apalagi jika mereka memutuskan pindah ke partai lain. Adapun nilai-nilai PSI yang dimaksud yaitu nilai berbangsa, pluralisme, dan anti korupsi.

"Yang terpenting adalah mereka bisa menjalankan semua ilmu PSI yang telah mereka dapatkan berupa nilai-nilai kebaikan berbangsa, nilai-nilai pluralisme dan nilai antikorupsi di "rumah politik" baru mereka," kata Giring.

Untuk diketahui, politisi muda PSI Rian Ernest memutuskan mengundurkan diri sebagai kader PSI. Dia menyakini keputusannya sudah tepat demi langkah politiknya ke depan.

Pengunduran dirinya itu disampaikan melalui unggahan video di akun Twitter pribadinya @rianernesto.

"Melalui video ini saya menyatakan pengunduran diri saya dari Partai Solidaritas Indonesia meski berat saya meyakini ini adalah keputusan yang benar demi langkah politik saya ke depannya," ucap Rian.

Walaupun tak lagi menjadi bagian dari PSI, dia memastikan perjuangannya untuk menyuarakan kepentingan rakyat tidak akan berhenti. Kedepannya, dia juga tetap berkarya di jalur politik.

"Meski mundur dari PSI namun perjuangan saya menyuarakan aspirasi merumuskan kebijakan dan mencerdaskan rakyat tidak berhenti negara besar berpotensi luar biasa seperti Indonesia perlu cara-cara berpolitik yang lebih baik karena itu saya, Rian Ernest akan tetap di jalur politik," tegasnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para elite dan seluruh jajaran PSI di tingkat pusat dan daerah. Dia pun berharap PSI masih bisa mendukung dan memberikan masukan terkait jalan politik yang akan diambilnya ke depan.

"Saya akan terus membutuhkan bantuan anda untuk menjadi politisi yang lebih baik yang lebih bermanfaat bagi rakyat," ucapnya.

Mundurnya Rian Ernest menambah panjang daftar kader PSI yang hengkang dari partai politik tersebut. Sebelumnya kader PSI yang lain Michael Victor Sianipar juga mundur. Dia meninggalkan jabatannya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta.

Tags :
Rekomendasi