PKB Yakin Ma'ruf Amin Dapat Jaga Minoritas

| 16 Aug 2018 08:08
PKB Yakin Ma'ruf Amin Dapat Jaga Minoritas
Ketua DPP Partai Keadilan Bangsa (PKB) Lukman Edi (Tasya/era.id)
Jakarta, era.id - Ketua DPP Partai Keadilan Bangsa (PKB) Lukman Edi memastikan tak akan ada bentuk aksi diskriminasi bagi minoritas ketika Ma'ruf Amin menjabat sebagai wakil presiden. Menurutnya, Nahdlatul Ulama (NU) akan selalu bergerak berdampingan dengan minoritas.

"Pak Ma'ruf Amin selalu menempatkan dirinya untuk kepentingan bangsa dan negara. Saya belajar dari Pak Kiai ini sejak lama. Posisi politik beliau, pandangan beliau, selalu diajarkan ke kami bahwa kalau NU ya bagaimana melindungi minoritas, menyalurkan aspirasi mayoritas," kata Lukman di Posko Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/8).

Lukman juga menilai kalau sosok Ma'ruf Amin adalah sosok pemersatu bangsa. Sebabnya, kalau ada kelompok umat berbeda pandang dan berselisih paham, maka Ma'ruf lah seorang yang menjembatani perdamaian antar kelompok itu.

Politisi PKB itu juga yakin akan pandangan ilmu yang diterapkan oleh Ma'ruf Amin. Dia meyakini jika Ma'ruf adalah sosok yang layak untuk dijadikan sumber rujukan dalam ilmu agama.

"Pemahaman beliau terhadap semua fatwa yang sudah dikeluarkan itu komprehensif. Pak Ma'ruf Amin ini hari ini satu-satunya ulama yang sangat mumpuni dalam hal fiqih. Dulu ada Kiai Saal Mahfudz yang semua orang bertanya dan konsultasi ke beliau. Tapi setelah meninggal, yang paling paripurna terhadap berbagai macam tafsir ya Pak Ma'ruf Amin," jelasnya.

Itu sebabnya, beberapa waktu yang lalu sempat muncul Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) MUI beberapa waktu lalu. Menurut Lukman, gerakan massa tersebut awalnya membela fatwa yang telah dikeluarkan resmi oleh Ma'ruf Amin, sebagai ketua MUI.

"Gerakan 212 itu kan gerakan mengawal fatwa dari Ma'ruf Amin, MUI. Yang dikawal tanda tangannya Ma'ruf Amin. Tapi akhirnya beliau mengorbankan dirinya agar jangan sampai kekuatan progresif radikal menjadi sumbu perpecahan bangsa. Beliau menempatkan dirinya dan menjamin agar ini tidak pecah," tutup Lukman.

Rekomendasi