Apresiasi Aksi Pandawara Group, Ridwan Kamil Malah Dinyinyir Netizen: Harusnya Malu!

| 04 Jan 2023 12:00
Apresiasi Aksi Pandawara Group, Ridwan Kamil Malah Dinyinyir Netizen: Harusnya Malu!
Ridwan Kamil (Dok: Ridwan Kamil)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menuai kritik pedas dari netizen di media sosial. Kritik ini disampaikan usai Ridwan Kamil bertemu dan mengapresiasi aksi bersih-bersih sungai oleh Pandawara Group.

Melalui unggahan terbaru di Twitter-nya, Ridwan Kamil membagikan momen makan siang bersama Pandawara Group. Pada unggahan itu, pria yang akrab disapa Kang Emil mengaku bangga dengan aksi Pandawara Group yang gemar membersihkan sampah di sungai.

"Makan siang bersama Pandawara Group yang kerap membersihkan sampah di sungai hingga beberapa kali trending di social media dan menginspirasi pemuda lain untuk melakukan hal serupa. Selain lato-lato, semoga menjaga lingkungan menjadi trend juga," tulis Ridwan Kamil.

Sayangnya momen tersebut justru diwarnai dengan kritik pedas untuk Ridwan Kamil dan jajarannya. Netizen merasa miris lantaran aksi bersih-bersih Pandawara Group dinilai lebih baik dari pada para petugas terkait di Jawa Barat.

"Masa kudu nunggu bocah konten dulu kalo mau kali bersih?" kata @OfficialSu****.

"Pemerintah ga malu apa sampe rakyatnya turun tangan bersihin sungai then undang rakyat viral buat numpang pencitraan, iya rakyat juga salah buang sampah sembarangan tp itu juga akibat pemerintah ga bisa tegas bikin peraturan sampah & mendisiplinkan rakyat," timpal @ksy****.

"Dinas yg sudah ditugaskan kinerja nya kalah jauh dengan para Pemuda ini, ckckck," ucap @Reza****.

"Harusnya Malu trus bertekad untuk revolusi cara penanganan sampah seluruh provinsi....malah bikin konten," kata @4l****.

"Klo liat konten2 mrka di ig kudunya dirimu malu kang sebagai gubernur jabar. Separah itukah sampah disungai dan selokan di wilayah anda? Apa jabar/bandung khususnya ga ada dinas kebersihan? Trus klo dinas tsb ada,kerjaan mereka ngapain???" pungkas @satu_indone****.

Diketahui Pandawara Group merupakan 5 anak muda beranggotakan Gilang, Rifqi, Agung, Ikhsan, dan Raflyi. Kelima pemuda ini dikenal lewat konten TikTok-nya yang gemar membersihkan sampah di berbagai sungai.

Menurut akun Instagram Pandawara Group, sepanjang tahun 2022 mereka sudah membersihkan sampah sebanyak 27 kilogram. Meski kehadiran mereka sempat menuai kritik dan dinilai sebatas konten, Gilang dan kawan-kawan nyatanya tetap melakukan aksi bersih-bersih sampah di sungai.

Mereka berhasil membuktikan sekaligus mematahkan stigma negatif dari para netizen. Salah satu tujuan Pandawara Group melakukan aksi tersebut ialah untuk membuat masyarakat sadar akan kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, di akun Instagram Ridwan Kamil, Gubernue Jawa Barat itu berjanji akan mewujudkan keinginan Pandawara Group yaitu memiliki perahu karet dan mobil kerja.

"Perahu karet, mobil kerja juga akan diwujudkan sesuai harapan mereka. Semoga komunitas serupa @pandawaragroup dari Gen Z bisa hadir juga di kota-kota lainnya. Aamiin," tutup Ridwan Kamil.

Rekomendasi