Mengenal Pandawara Group yang Sering Viral karena Aksi Bersih-Bersih

| 11 Jul 2023 21:15
Mengenal Pandawara Group yang Sering Viral karena Aksi Bersih-Bersih
Mengenal pandawara group (Twitter)

ERA.idPandawara Group menjadi viral di media sosial setelah mengajak 3.700 sukarelawan untuk membersihkan Pantai Sukaraja di Lampung. Bagi yang belum tahu, melalui artikel ini mari kita mengenal Pandawara Group lebih dalam.

Perlu diketahui, aksi bersih-bersih di Lampung yang dilakukan Pandawa Group tersebut jauh melebihi target awal yang hanya mengundang 1.000 orang untuk berpartisipasi. Konfirmasi tersebut  datang langsung dari Pandawara Group melalui akun Instagram mereka.

"Pendekatan 3.700 orang, menurut pihak kepolisian yang hadir di lokasi sebelumnya, apakah ini rekor di Indonesia?" ungkap @pandawaragroup dalam keterangan unggahan mereka.

Berkat aksi pembersihan tersebut, akun Instagram @pandawaragroup telah mendapatkan 380 ribu suka dan 13.894 komentar pada Selasa, 11 Juli.

Pandawara Group Bersama Ridwan Kamil (Doc Ridwan Kamil)

Mengenal Pandawara Group

  1. Terdiri dari 5 Pemuda

Pandawara Group terdiri dari lima sekawan yang berasal dari Bandung, yaitu Gilang, Ikhsan, Rifqi, Rafly, dan Agung. Mereka adalah teman yang telah saling mengenal sejak mereka bersekolah di SMA.

Nama grup "Pandawara" diambil dari cerita pewayangan, Pandawa Lima, karena terdiri dari lima orang. Sementara itu, kata "wara" memiliki makna kabar baik.

  1. Tujuan Pandawa Group

Pandawara Group terbentuk sebagai respons terhadap masalah sampah di Indonesia yang berdampak langsung pada mereka, terutama dalam bentuk banjir.

Dalam menghadapi kecemasan dan kerugian yang disebabkan oleh banjir, kelima sekawan ini merasa terpanggil untuk secara aktif membersihkan sampah yang ada di sungai secara langsung.

  1. Banyak Rintangan

Namun, perjalanan mereka tidak berjalan mulus. Mereka pernah menghadapi praktik pungutan liar (pungli) dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang menetapkan biaya pengangkutan sampah dari sungai. Ironis sekali, bukan?

Beberapa oknum justru membuat situasi menjadi sulit daripada memberikan dukungan. Meskipun demikian, Pandawara Group tidak pernah menyerah dalam melaksanakan aksinya.

  1. Banyak Prestasi

Berdasarkan informasi yang diunggah oleh akun Instagram Pandawara Group, dalam waktu satu tahun mereka telah berhasil membersihkan 103 sungai dan menghilangkan 73 ton sampah. Prestasi ini patut diacungi jempol!

Selain itu, baru-baru ini Pandawara Group juga meraih penghargaan "Anugerah Penggerak Komunitas Terdepan" dalam Detik Jabar Award 2023. Prestasi mereka sangat menginspirasi, bukan? Para pemuda yang tangguh ini benar-benar memberikan contoh yang luar biasa.

Selain mengenal pandawara group, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi