Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar dan Prabowo Naik, Anies Turun di Akhir 2022

| 04 Jan 2023 15:45
Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar dan Prabowo Naik, Anies Turun di Akhir 2022
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan. (Foto: Antara)

ERA.id - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati urutan teratas di Desember 2022. Kemudian disusul oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Hal ini berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada Rabu (4/1/2023). Dari survei tersebut, Ganjar memperoleh 35,8 persen, Anies 28,3 persen, dan Prabowo 26,7 persen.

Namun, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhati mengatakan, tren elektabilitas Anies justru menurun di akhir tahun 2022. Sementara Ganjar dan Pranowo mengalami kenaikan.

"Di bulan Desember itu yang meningkat elektabilitasnya itu Ganjar dan Prabowo. Yang turun elektabilitasnya Anies," kata Burhanuddin.

Dia lantas membandingkan elektabilitas Ganjar, Anies, dan Prabowo di November 2022. Pada periode waktu tersebut, elektabilitas Anies justru meningkat menjadi 32,2 persen, meskipun masih tetap berada di bawah Ganjar.

Namun elektabilitas Ganjar dan Prabowo menurun di periode November 2022. Masing-masing elektabilitasnya 33,9 persen dan 23,9 persen.

Menurut Burhanuddin, turunnya elektabilitas Anies di akhir tahun 2022 itu merupakan dampak dari naiknya tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo.

"Jadi bisa kita simpulkan dari sini, ketika approval presiden naik di bulan Desember, itu yang meningkat elektabilitasnya Ganjar dan Prabowo, yang turun elektabilitasnya Anies," kata Burhanuddin.

Survei terbaru Indikator ini dilakukan pada 1-6 Desember 2022 dengan penarikan sampel menggunakan multistage random samping. Responden survei sebanyak 1.220 orang dengan margin of eror sekitar +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Rekomendasi