Viral! Bayi 7 Bulan Dikasih Minum Kopi Good Day hingga BAB sampai 9 Kali, Netizen Geram

| 23 Jan 2023 14:31
Viral! Bayi 7 Bulan Dikasih Minum Kopi Good Day hingga BAB sampai 9 Kali, Netizen Geram
Tangkapan layar ibu suapi bayinya dengan Good Day.

ERA.id - Viral video seorang ibu menyuapi bayi berusia 7 bulan dengan larutan kopi saset Good Day di TikTok. Akun @kayees9 yang membagikan video itu bilang bahwa kopi saset lebih baik dari susu kental manis (SKM) karena mengandung susu asli. 

"Alhamdulillah sejak minum susu, kopi sekarang dia bab 9x sehari," tulisnya, Sabtu (21/1/2023). Netizen lalu ramai-ramai mengecam tindakan tersebut lewat kolom komentar hingga Twitter.

Akun @tama_pute mengadukan konten tersebut di Twitter-nya. "@sdenta dokter tolong dong, ini di TikTok uda ditegur masih aja dilakuin," tulisnya, Minggu (22/1/2023).

Sebelumnya, ibu tadi kerap memberi minum bayinya dengan SKM yang diseduh dalam botol. Namun, menurutnya, SKM terlalu mahal sehingga ia pindah ke kopi saset yang lebih murah.

Seorang perawat bernama Rizal yang aktif memberikan edukasi kesehatan lewat akun Twitter-nya @afrkml ikut mengomentari konten tersebut.

"Bukan berarti bayi boleh dikasih kopi-susu mentang2 ada susunya," tulis Rizal, Minggu (22/1/2023). "Sebaiknya para orang tua ini harus banyak belajar dari yg ngerti daripada sok tau sehingga berisiko membahayakan anaknya sendiri."

Rizal juga memperingatkan bahwa kafein dalam bentuk apa pun tidak boleh dikonsumsi bayi untuk alasan apa pun, meski untuk mengatasi kejang. Ia berkata bahwa semua itu hanya mitos dan tidak benar. "Bisa palpitasi (jantung berdenyut kencang) atuh bayinya dikasih kopi," tutup Rizal.

Setelah kontennya viral, akun @kayees9 tampak tak mempedulikan masukan dari orang-orang. Pada video terbarunya, ibu itu memberi makan bayinya dengan nasi ayam pedas. "Bayi usia 7 bln makan ayam pedas sama nasi tapi nda bisa ngunya karna dia nda punya gigi kasihan dia cmn bisa telan," tulisnya, Minggu (22/1/2023).

Rekomendasi