7 Bahaya Bayi Minum Kopi, Orang Tua Harus Bijak Memilih Makanan dan Minuman untuk Buah Hati

| 25 Jan 2023 17:07
7 Bahaya Bayi Minum Kopi, Orang Tua Harus Bijak Memilih Makanan dan Minuman untuk Buah Hati
Ilustrasi bayi dan secangkir kopi (freepik)

ERA.id - Kopi adalah minuman yang umum bagi orang dewasa, tetapi bagaimana jika ini diberikan kepada bayi? Organ pencernaan bayi belum terbentuk secara sempurna, tentu ada beberapa bahaya bayi minum kopi.

Orang dewasa saja tidak dianjurkan minum kopi secara berlebih, apalagi bayi. Bayi masih sangat membutuhkan nutrisi esensial untuk pertumbuhan dan perkembangannya, seperti vitamin, mineral, protein, dan serat. Minuman yang bisa memberikan berbagai nutrisi penting bagi bayi adalah ASI dan susu formula, bukan kopi.

Ilustrasi ibu meminum kopi di depan bayi (freepik)

Sementara, pemberian kopi kepada bayi malah berisiko menyebabkan sejumlah gangguan. Dikutip Era dari halodoc, berikut adalah dampak negatif kopi untuk bayi.

Berbagai Bahaya Bayi Minum Kopi

1. Sulit tidur

Ini adalah hal yang bahkan dialami oleh orang dewasa. Kafein di dalam kopi bisa memberikan efek “segar”. Jika bayi diberi minum kopi, dampak terbesar dan terinstan adalah sulit tidur.

Ini adalah hal yang tidak baik bagi bayi sebab bayi butuh porsi tidu yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa, salah satunya untuk pembentukan otak. Selain itu, bayi yang kurang tidur bisa membuatnya rentan terhadap penyakit.

2. Nafsu makan terganggu

Kopi juga menjadi stimulan yang bisa membuat nafsu makan menurun. Selain tidur yang cukup, asupan nutrisi dari makanan juga sangat dibutuhkan oleh bayi. Jika bayi mengalami penurunan nafsu makan, asupan nutrisi berkurang dan tumbuh kembang bayi juga terganggu.

3. Kerusakan Gigi

Secara umum, kopi memang dominan rasa pahit. Namun, kopi memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Sifat asam dari kopi tersebut bisa memicu kerusakan gigi.

Kopi bisa menyebabkan pengikisan enamel gigi bayi. Pengikisan dan pelemahan enamel gigi membutuhkan perbaikan yang lama untuk bisa mendapatkan lapisan yang baru.

3. Kerusakan Tulang

Salah satu sifat yang dimiliki kopi adalah diuretik—memicu peningkatan produksi urine. Peningkatan produksi urine pada bayi bisa menyebabkan defisiensi kalsium.

Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan tulang bayi. Setiap 100 miligram kafein yang masuk ke tubuh bayi, bayi kehilangan sekitar 6 miligram kalsium.

5. Hiperaktif

Kopi juga bisa berdampak pada perilaku bayi. Hal tersebut berkaitan dengan kafein. Konsumsi kopi dalam jumlah banyak berisiko menjadikan bayi anak hiperaktif dan sulit berkonsentrasi di kemudian hari.

Anak hiperaktif dan sulit berkonsentrasi bisa kesulitan saat memasuki dunia pendidikan, terutama saat dia harus memperhatikan instruksi guru. Tanpa penanganan yang segera, hal tersebut nantinya bisa mengganggu kemampuan kognitif dan prestasi anak di sekolah.

6. Gelisah

Dilansir klikdokter, kafein jua membuat jantung bayi berdebar lebih kencang. Hal tersebut membuat si kecil menjadi gelisah atau overaktif. Selain itu, kafein juga bisa memengaruhi sistem saraf yang memicu pusing dan sakit kepala. Bayi pun akhirnya menjadi rewel.

7. Picu Penyakit Asam Lambung

Bahaya dari pemberian kopi kepada bayi yang terlalu sering adalah risiko gastroesofageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung. Kafein menyebabkan peningkatan asam lambung sehingga ini bisa menjadi masalah bagi bayi.

Secara logika, orang dewasa saja bisa mengalami hal tersebut jika berlebihan dalam mengonsumsi kopi, apalagi bayi.

Itulah berbagai bahaya bayi minum kopi. Sebagai orang tua, ada baiknya nutrisi diberikan sesuai dengan kebutuhan anak. Apa yang dilakukan pada masa bayi bisa berdampak pada bayi secara langsung maupun tidak langsung. 

Rekomendasi