Yenny Wahid Resmi Jadi Cawapres Anies Baswedan, Benarkah?

| 30 Jan 2023 16:56
Yenny Wahid Resmi Jadi Cawapres Anies Baswedan, Benarkah?
Gubernur DKI Anies Baswedan dan Yenny Wahid (Foto: Diah Ayu/VOI)

ERA.id - Kanal Youtube LIDAH RAKYAT mengunggah video dengan klaim Yenny Wahid yang resmi diumumkan menjadi cawapres Anies Baswedan. Dalam video menampilkan cuplikan kebersamaan Anies dan Yenny. Selain itu terdapat potongan video yang menampilkan pendapat Yenny terhadap Anies.

Setelah dilakukan penelusuran oleh Turnbackhoax.id pada Senin (30/1/2023), cuplikan video yang menampilkan Yenny memuji Anies sebagai orang yang intelektual, identik dengan video yang diunggah Merry Riana dalam Channel YouTubenya.

Turnbackhoax.id

Dalam podcast Yenny Wahid diminta untuk berkomentar terkait tokoh-tokoh Indonesia. Salah satunya, Anies Baswedan. Menurut Yenny, Anies merupakan sosok intelektual, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Dan pengalaman/wawasan globalnya juga sangat baik, karena beliau punya kemampuan Bahasa Inggris yang sangat baik.

Sedangkan narasi dalam video, identik dengan artikel Warta Ekonomi yang diunggah pada 17 Januari 2023 dengan judul “Yenny Wahid ‘Merapat’ ke Nasdem, Fix Jadi Wakil Anies Baswedan?“. Artikel tersebut menjelaskan tentang Politikus sekaligus aktivis Nahdlatul Ulama (NU), Yenny Wahid nampaknya menjadi rebutan beberapa partai politik.

Selain itu, hingga saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai penunjukan cawapres baik dari pihak Yenny Wahid, Anies Baswedan, maupun partai NasDem seperti yang diklaim pada video yang beredar.

Rekomendasi