PM Australia Scott Morrison akan Kunjungi Indonesia

Tim Editor

Perdana Menteri Australia Scott Morrison (Twitter @ScottMorrisonMP)

Perdana Menteri Australia baru, Scott Morrison diagendakan akan melakukan kunjungan luar negeri pertamanya. Ia akan mengunjungi Jakarta untuk menandatangani perjanjian dagang bebas antara Indonesia-Australia.

Mengutip dari ABC.net.au, Senin (27/8/2018), kedua negara telah berhasil menyelesaikan kebuntuan dalam pembahasan perjanjian dagang ini. Sehingga penandatangan kesepakatan dagang bebas atau free trade ini dapat dilakukan September mendatang.

Sebelumnya, perjanjian dagang bebas ini akan dilakukan oleh Perdana Menteri, Malcolm Turnbull. Namun, gejolak politik yang terjadi Australia membuat pergantian kepemimpinan di negeri kanguru itu.

Mulanya, ada kekhawatiran pemerintah Australia yang jika Morrison tidak akan mengunjungi Indonesia, setelah dirinya dilantik. Namun, informasi terbaru mengatakan Morrison akan melakukan kunjungan singkatnya ke Indonesia.

Perlu kalian tahu, PM Malcolm Turnbull sebelumnya juga direncanakan akan mengunjungi Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Namun, kini perjalanan itu tampaknya akan dibatalkan. Begitu juga dengan rencananya mengunjungi negara di Pasifik, Nauru.

Sepekan lalu, gejolak politik terjadi di negeri Kanguru. Di mana Malcolm Turnbull lengser dari posisi Perdana Menteri dan digantikan oleh Scott Morrison. Tak hanya itu, Menteri Luar Negeri Julie Bishop juga mengumumkan pengunduran dirinya. 

Tag: perdana menteri australia

Bagikan: